SOLOPOS.COM - Tahanan Rutan Polda Jateng mendapat kesempatan memberikan hak suara pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 71 tahanan yang saat ini berada di rumah tahanan Polda Jateng mendapat kesempatan untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024. Ke-71 tahanan itu menggunakan hak pilih dengan mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di Aula Rutan Polda Jateng, Kota Semarang, Rabu (14/2/2024).

“Seluruh warga negara Indonesia, termasuk tahanan yang berada di Rutan Polda Jateng diberikan hak untuk mencoblos [memberikan suara] pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari,” kata Dirtahiti Polda Jateng, AKBP Benny Setyowadi, Rabu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Benny mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU untuk menyediakan TPS di Rutan Polda Jateng. TPS itu untuk melayani tahanan untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Pihak KPU dalam hal ini KPPS wilayah Kelurahan Mugassari datang sebanyak 6 TPS antara lain TPS 11, TPS 16, TPS 17, TPS 18, TP 19 dan TPS 20 ” kata Dirtahti Polda Jateng.

Benny mengatakan saat ini jumlah tahanan Polda Jateng berjumlah 88 orang. Dari jumlah sebanyak itu, 71 orang di antaranya memiliki hak pilih. Surat suara untuk 71 orang tahanan itu diambilkan dari sisa surat suara ke enam TPS yang hari ini datang.

Dirtahiti Polda Jateng menambahkan pihaknya telah melakukan sosialisasi soal tata cara pencoblosan beberapa waktu lalu bersama KPU. “Mekanisme pemungutan suara sudah disosialisasikan sebelumnya bersama KPU, PPK dan PPS, hari ini untuk petugas pelaksana yang datang dari TPS Wilayah Kelurahan Mugassari,” ungkap AKBP Benny Setyowadi

Sementara itu, seorang tahanan tindak pidana narkotika asal Wonosobo, HST, mengaku senang bisa memberikan hak suaranya meski dalam masa tahanan.

“Saya tidak menduga dilayani dengan baik seperti ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada Polda Jateng, karena diberikan kesempatan untuk ikut mencoblos sehingga hak saya tidak hilang,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya