SOLOPOS.COM - Anggota DPR RI, Riyanta, ditemai istrinya saat mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon wakil gubernur untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) di Panti Marhaen atau Kantor DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Kamis (23/5/2024) sore. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Riyanta, mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon wakil gubernur untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) di Panti Marhaen atau Kantor DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Kamis (23/5/2024) sore. Pria yang masih menjabat anggota DPR RI itu ketika mengambil formulir ditemani istrinya.

Riyanta dan istrinya tiba di Panti Marhaen sekitar pukul 15.00 WIB. Selain istri, sejumlah kader dari partai berlambang banteng moncong putih itu juga ada yang ikut menemani.

Promosi Chatbot BRI Sabrina Raih Best in Personalization di Strategy Mata Lokal Award

“Hari ini saya diantar istri saya mendaftar calon wakil gubernur. Dan berbicara masalah persiapan politik, sudah siap semuanya,” kata Riyanta seusai mengambil formulir, Kamis.

Alasan putar haluan dari legislatif ke eksekutif, Riyanta mengaku demi masyarakat, khususnya Jawa Tengah. Sebab, masih banyak hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan di 35 kabupaten/kota mulai dari infrastruktur hingga kemiskinan.

Adapun alasan Riyanta tak mengambil berkas sebagai bakal calon gubernur, karena masih mengamati perkembangan dinamika politik di Jawa Tengah saat ini.

Oleh karena itu, tak menutup kemungkinan bila Riyanta bakal mengubah berkasnya yang terlanjur mengambil sebagai bakal calon wakil gubernur.

“Pada prinsipnya [ikut kontestasi Pilgub] untuk kepentingan masyarakat. Terus kenapa tidak gubernur? Nanti, lihat perkembangan, masih ada proses panjang yang akan dipertimbangkan,” pungkasnya.

Saat ditanya apakah pendaftaran ini juga sudah mendapat restu atau komunikasi dari Ketua Umum (Ketum) Megawari Soekarno Purtri, Riyanta tak menjawab secara pasti. Ia hanya menyampaikan, Ketum selalu mendukung langkah tiap kader PDIP.

“Bu Mega sata kira senang kalau ada kader partai menggunakan kesempatannya untuk karir politik. Apalagi PDIP sudah matang dan pengalaman, pasti semua [kader] dipertimbangkan,” tutup kader PDIP itu.

Sekadar untuk diketahui, anggota DPR RI, Riyanta, menjadi tokoh kedua yang mengambil formulir pendaftaran di DPD PDIP Jawa Tengah.

Adapun pendaftar petama yakni Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018, Heru Sudjatmiko, yang mengambil sebagai bakal calon wakil gubernur.

Sementara mengenai pendaftaran Pilgub Jateng di PDIP ini, dibuka mulai 22-28 Mei dan pengembalian berkas mulai 23-30 Mei. Adapun pelayanannya hanya pada pukul 10.00-16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya