SOLOPOS.COM - Illustrasi kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai ada kepadatan pada Sabtu (23/12/2023) malam. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Puncak arus balik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diprediksi bakal terjadi pada Senin-Selasa (1-2/1/ 2024) ini. Pada puncak hari pertama ini sebanyak 29.574 kendaraan telah melintasi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung atau keluar dari Semarang.

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) GT Kalikangkung, Iptu Sujid Riyanto, mengatakan kondisi terkini atau tepatnya pada pukul 19.00 WIB-20.00 WIB, kendaraan yang keluar Semarang atau menuju arah ke Jakarta ada sebanyak 1.723 kendaraan. Sementara yang masuk ke Semarang ada sebanyak 866 kendaraan.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Bila di total sejak pukul 06.00 WIB-20.00 WIB, ke arah Jakarta ada 29.574 kendaraan dan ke arah Semarang ada 13.821 kendaraan,” beber Iptu Sujid kepada Solopos.com, Senin (1/1/2024) malam.

Kapospam pun menilai arus puncak belum seluruhnya berakhir. Kendati demikian, kondisi arus lalu lintas di GT Kalikangkung saat ini terpantau ramai lancar.

“Arus puncak diperkirakan hari ini [Senin] dan besok [Selasa]. Namun mulai siang arus balik sudah mulai menurun,” jelasnya.

Sementara itu, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, mengaku telah melakukan sejumlah langkah antisipasi termasuk rekayasa lalu lintas dalam menghadapi peningkatan arus kendaraan saat mudik dan balik di Nataru 2023/2024 ini. Namun diperkirakan, peningkatan arus lalu lintas ini tidak setinggi arus mudik dan balik pada saat Lebaran lalu.

Meski demikian, mantan Dirlantas Polda Jateng itu tetap akan mengantisipasi puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada tanggal 1-2 Januari 2024. Pihaknya memprediksi sebanyak 40.000 kendaraan akan melintasi di tol wilayah semarang.

“Untuk tol masih lancar, konsentrasi kami ada di rest area yang menuju Jakarta, kalau di Semarang KM 424,” kata Brigjen Agus.

Sebagai antisipasi jumlah pengunjung rest area di tengah keterbatasan tempat parkir kendaraan, polisi juga akan memberlakukan buka tutup di sejumlah rest area yang menuju Jakarta. Hingga berita ini ditulis, pihaknya mengklaim tidak ada kejadian menonjol pada momen Nataru 2023/2024 ini.

“Kami mohon doa restu seluruh masyarakat semoga Jawa Tengah tetap aman,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya