SOLOPOS.COM - Personel Polresta Cilacap mengatur arus milir yang melintasi perlintasan sebidang Randegan di jalur selatan Jawa Tengah ruas Buntu-Sampang karena rel kereta api yang menyerong berpotensi licin akibat hujan pada Minggu (14/4/2024) sore. (ANTARA/Polresta Cilacap)

Solopos.com, CILACAP — Untuk memecah kepadatan arus lalu lintas di jalur selatan Jawa Tengah ruas Buntu-Sampang saat arus balik Lebaran 2024, polisi mengalihkan arus kendaraan ke arah Tol Pemalang melalui Purbalingga pada H+4 Lebaran.

“Hingga saat ini arus milir di wilayah Cilacap, khususnya ruas Buntu-Sampang masih landau karena di Simpang Buntu dilakukan pengalihan arus kea rah Purbalingga oleh Polresta Banyumas,” kata Kasatlantas Polresta Cilacap, Kompol Nunung Farmadi, Minggu (14/4/2024).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Dia menuturkan pengalihan arus balik atau milir tersebut dilakukan Polresta Banyumas untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, akibat pertemuan arus dari arah jalur selatan dan jalur tengah yang hendak menuju Tol Pejagan di Brebes melalui jalan raya Ajibarang-Bumiayu seperti yang terjadi pada Sabtu (13/4/2024) siang hingga malam hari.

Kendati suasana arus milir terpantau landai, dia mengimbau pemilir tujuan Bandung/Jakarta melintas di jalur selatan Jateng khususnya ruas jalan yang melintasi wilayah Kabupaten Cilacap untuk tetap berhati-hati dan selalu waspada karena terjadi hujan sejak Minggu siang.

“Seperti saat melintasi perlintasan sebidang Randegan di ruas Buntu-Sampang, pemilir bersepeda motor diimbau untuk berhati-hati agar tidak tergelincir karena rel kereta api yang posisinya menyerong itu sering kali licin ketika hujan,” katanya yang dikutip dari Antara.

Ia mengatakan pihaknya telah menempatkan personel untuk mengatur arus milir yang melintas di perlintasan sebidang Randegan agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Lebih lanjut, dia memperkirakan Minggu (14/4/2024) malam merupakan puncak arus balik di jalur selatan Jateng karena volume kendaraan yang melintas mengalami peningkatan jika dibandingkan hari Sabtu (13/4/2024).

“Mungkin kalau Polresta Banyumas tidak mengalihkan arus, arus kendaraan yang melintas di wilayah Cilacap khususnya ruas Buntu-Sampang hari ini lebih padat dibandingkan kemarin,” kata Kasatlantas.

Sebelumnya, Kasatlantas Polresta Banyumas Kompol Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah mengimbau pemilir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah Jateng yang hendak kembali ke Jakarta melalui Tol Pejagan agar mengubah rute perjalanan dengan memanfaatkan Tol Pemalang melalui Purbalingga.

Menurut dia, hal itu untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, yang merupakan titik pertemuan arus milir dari arah jalur selatan maupun jalur tengah yang akan menuju jalur pantura atau Tol Pejagan melalui ruas jalan Ajibarang-Bumiayu.

“Bagi pemilir yang berada di jalur selatan, sesampainya di Simpang Buntu silakan belok kanan ke arah Banyumas, kemudian Sokaraja, Purbalingga, dan selanjutnya menuju Pintu Tol Gandulan di Pemalang,” katanya di Ajibarang, Banyumas, Sabtu malam.

Sementara di pemilir di jalur tengah, sesampainya di Simpang Klampok, Kabupaten Banjarnegara, dapat berbelok ke kanan menuju Purbalingga dan selanjutnya ke arah Pemalang.

Akan tetapi jika pemilir di jalur tengah telah sampai di Simpang RSUD Banyumas dapat mengambil rute ke arah Sokaraja, kemudian Purbalingga, dan selanjutnya menuju Tol Pemalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya