SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SLEMAN — Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman mencatat ada puluhan lokasi penyelenggaraan pesta malam tahun baru di wilayahnya. Selain hotel, lokasi perayaan juga tersebar di sejumlah tempat wisata.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dispar Sleman, Kus Endarto, mengaku sudah mendata terkait dengan event perayaan di malam pergantian tahun. Hingga sekarang, sudah ada 23 titik perayaan.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Dia mencatat ada 19 hotel yang menyelenggarakan perayaan. Sedangkan untuk di area wisata ada di Bukit Klangon, kompleks Candi Prambanan, Tebing Breksi dan Obelix hills. “Untuk jenisnya bervariasi mulai dari pesta kuliner, pentas musik hingga pesta kembang api saat malam pergantian tahun,” katanya.

Dia berharap pelaksanaan malam pergantian tahun dapat berjalan dengan aman dan lancar, tanpa ada halangan suatu apapun. “Mudah-mudahan semuanya lancar,” katanya.

Disinggung soal kunjungan selama libur akhir tahun, Kus Endarto mengatakan pencatatan mulai dilakukan pada 16 Desember lalu. Adapun, hingga Kamis (27/12/2023) tercatat sebanyak 423.903 orang. Pergerakan wisatawan Nusantara mendominasi kunjungan di destinasi wisata yang ada di Sleman sebesar 99,14%, setara dengan 420.275 pergerakan.

Sementara terkait dengan destinasi, wisata candi-candi masih menjadi tujuan favorit sebanyak 164.837 kunjungan. Selanjutnya, ada destinasi Kaliurang sebanyak 56.085 pengunjung dan Tebing Breksi terdapat 38.852 kunjungan. “Tambahan itu maka kunjungan ke Sleman sudah menembus 7,3 juta orang. Capaian ini sudah melebihi dari target kunjungan di 2023 sebanyak tujuh juta orang,” katanya.

Hingga sekarang, jumlah pendapatan asli daerah yang masuk sebesar Rp319,34 miliar atau setara dengan 95,87% dari target yang ditetapkan di tahun ini sebesar Rp333,11 miliar. Sumbangan terbesar dari penerimaan pajak mulai dari pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan sebesar Rp314,84 miliar.

“Untuk sisanya berasal dari penerimaan retribusi destinasi pariwisata yang dikelola Pemkab Sleman, salah satunya objek wisata Kaliurang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya