SOLOPOS.COM - Spiegel Bar & Bistro, salah satu kafe di Kota Lama Semarang. (Istimewa/Instagram @spiegelbistro)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Semarang selama libur Natal 2023 mencapai 225.588 orang. Dari sekian banyak destinasi wisata, Kota Lama dan Lawang Sewu masih menjadi favorit bagi para pelancong.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso, mengatakan, dari ratusan ribu wisatawan itu, 224.375 orang merupakan wisatawan lokal. Selebihnya, sebanyak 1.213 orang merupakan wisatawan mancanegara.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Itu kunjungan wisatawan seminggu libur natal sejak 16 Desember 2023-25 Desember 2023. Belum sampai akhir tahun nanti,” katanya kepada wartawan, Kamis (28/12/2203).

Ia menyebut, ada 12 destinasi favorit yang dikunjungi oleh para wisatawan domestik. Yakni, Kota Lama Lawang Sewu, Pantai Marina, Semarang Zoo, Sam Poo Kong, dan Grand Maerokoco.

“Kemudian untuk wisatawan mancanegara lebih banyak ke ke Sam Poo Kong, Kota Lama, dan Lawang Sewu,” jelasnya.

Wing optimistis hingga penghujung akhir 2023, jumlah wisatawan yang mengunjungi Kota Semarang dapat mencapai 6 juta orang. Sebab, sampai saat ini jumlah kunjungan wisatawan sudah menembus angka 5,5 juta.

“Saya yakin semua sudah bersiap menerima wisatawan, stakeholder, desa wisata, pengelola wisata, dan lain-lain. Jauh hari, sudah kami bina pendampingan, dan memberikan fasilitas khusus untuk destinasi wisata,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya