SOLOPOS.COM - Baliho Joko Suranto bersalaman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tulisan “Jukowi Dukung Crazy Rich Grobogan” yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Joko Suranto atau yang dikenal sebagai Crazy Rich Grobogan mengaku memutuskan maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2024 melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pria kelahiran Desa Jetis, Karangrayung, Kabupaten Grobogan, itu mengaku punya kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga ayah Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

Hal itu disampaikan Joko saat ditanya awak media terkait baliho bergambar dirinya dengan Jokowi yang tersebar di sejumlah wilayah, seusai mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur Jateng di Kantor DPW PSI Jateng, Kota Semarang, Kamis (13/6/2024). Dalam baliho itu juga terpampang tulisan, “Jokowi Dukung Crazy Rich Grobogan”.

Promosi Peringati Waisak, BRI Peduli Salurkan Bantuan untuk Vihara dan Bagikan Sembako

Menanggapi hal itu, Joko mengaku memang memiliki hubungan spesial dengan Jokowi. Bahkan, ia menamai salah satu ruangan di kantornya yang terletak di Cilaki, Bandung, dengan nama, “Jokowi Room”.

“Orang lain bikin patung Jokowi, saya bikin ruangan karena itu bisa mendistribusikan untuk hal-hal lain,” ujar Joko.

Meski demikian, Crazy Rich Grobogan itu tidak memberikan jawaban secara pasti apakah dirinya telah mendapat restu Jokowi untuk maju sebagai calon gubernur Jateng. Ia hanya menyatakan jika hubungan dirinya dengan Jokowi bersifat personal.

“Siapa yang enggak suka dengan Jokowi. Itu sekitar 80% [orang Indonesia] suka [Jokowi]. Tapi, hubungan saya dengan Pak Jokowi memang personal,” ungkapnya.

crazy rich grobogan jokowi
oko Suranto yang sempat ramai disebut sebagai Crazy Rich Grobogan, mengambil formulir pendaftaran untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024 di Kantor DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jateng, Kamis (13/6/2024) sore. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Koalisi

Sementara, Joko mengaku PSI bukanlah satu-satunya partai yang akan dituju untuk mendapatkan rekomendasi maju cagub Jateng. Hal itu dikarenakan perolehan kursi PSI di DPRD Jateng tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri di Pilgub Jateng.

Oleh karenanya, ia pun mengaku siap menjalin koalisi dengan partai lain. Bahkan, ia mengeklaim sudah ada dua partai yang menjalin komunikasi dengan dirinya.

“Partainya apa? Saya belum boleh membocorkan. Sesuai tata krama, kalau belum pasti tidak boleh disebutkan,” kilahnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yoga Prabowo, tak mempermasalahkan ketika banyak kandidat di Pilgub Jateng yang mengaku memiliki kedekatan dengan Jokowi. Baginya, semakin banyak yang mengeklaim hal itu membuktikan kecintaan pada sosok Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Anton juga menyebutkan kriteria cagub yang diinginkan PSI untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jateng 2024. Kriteria itu haruslah sosok yang memiliki rekam jejak baik, tidak pernah tersangkut kasus korupsi maupun kasus intoleransi.

“Dan kriteria yang kita cari untuk gubernur yang rekam jejaknya tak pernah koruptor. Kemudian semangat toleransi. Dua itu wajib. Untuk Mas Joko, kami sudah tahu rekam jejaknya, tapi perlu kita cek lagi,” ujar Anton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya