SOLOPOS.COM - Pengungsi di Terminal Induk Jati Kudus, Jawa Tengah, diajak senam bersama untuk membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku dan stamina tubuh karena sebelumnya lebih banyak duduk-duduk di tenda pengungsian. (Solopos.com-Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Sebanyak 3.393 warga di Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), yang terdampak banjir, mengungs ke Kabupaten Kudus. Jumlah itu terus mengalami penambahan dalam tiga hari terakhir.

“Data pengungsi tersebut merupakan hasil pemutakhiran per hari ini [Selasa, 13 Februari 2024] pukul 09.00 WIB, termasuk yang mengungsi di rumah-rumah penduduk yang tersebar di sejumlah tempat di Kudus,” kata Camat Jati, Kabupaten Kudus, Fiza Akbar, Selasa.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Ia mengungkapkan data pengungsi memang cenderung bertambah. Pada Minggu (11/2/2024) pukul 20.00 WIB tercatat, warga terdampak banjir di Demak yang mengungsi ke Kudus hanya 3.058 jiwa. Kemudian, keesokan harinya bertambah menjadi 3.305 jiwa. Sedangkan hari ini, Selasa (13/2/2024) bertambah lagi menjadi 3.393 jiwa.

“Dengan adanya pendataan tersebut, maka kebutuhan makan sehari-hari para pengungsi juga akan dipenuhi oleh dapur umum yang tersedia,” ujarnya.

Awalnya tempat pengungsian yang disediakan di Kecamatan Jati Kudus, di antaranya di atas Jembatan Tanggulangin, Terminal Jati Kudus, Balai Desa Jati Wetan, DPRD Kudus, dan Kantor Koramil Jati.

Namun, di Jembatan Tanggulangin saat ini tidak ada lagi pengungsi akibat banjir di Demak. Sedangkan yang masih terdapat pengungsi di Terminal Jati Kudus, Balai Desa Jati Wetan, Koramil Jati, RSUD Kudus, DPRD Kudus, Ponpes Assalwa, serta beberapa titik di rumah-rumah warga.

Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum para pengungsi di sejumlah tempat, dipenuhi oleh dapur umum yang tersedia di Terminal Induk Jati Kudus dan Jembatan Tanggulangin.

Dalam pengoperasian dapur umum tersebut, melibatkan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari berbagai kabupaten/kota di Jateng, selain dari Kabupaten Kudus.

Bahkan, Pemkab Kudus bersama jajaran terjun langsung membantu korban banjir di Demak yang mengungsi di Kabupaten Kudus, termasuk dalam menyediakan makan sehari-hari hingga kebutuhan lain yang mereka butuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya