SOLOPOS.COM - Akses jalan utama yang berada di Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, masih terdapat genangan setinggi lutut orang dewasa pada Sabtu (16/3/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANGBanjir di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang tak kunjung surut membuat sejumlah pendatang atau perantau yang mengadu nasib di Ibu Kota Jawa Tengah mulai mengungsikan diri.

Sebab, banjir yang melanda sejak Kamis (14/3/2024) dini hari itu kian meluas hingga 52 kelurahan di delapan kecamatan.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Pantauan Solopos.com, di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, banjir masih menggenangi akses jalan utama hingga sejumlah pemukiman warga.

Beberapa perantau yang tinggal di arae tersebut tampak mengemasi barang berharganya lantaran banjir tak kunjung surut hingga Sabtu (16/3/2024).

“Habis kemas-kemas barang di indekos. Ini mau ngungsi ke kos teman di Pedurungan. Lah banjirnya enggak surut-surut,” kata Putri di lokasi banjir, Sabtu.

Perempuan usia 24 tahun asal Brebes itu, mengaku sudah tiga kali mengalami bencana banjir di Kota Semarang.

Kendati sudah berkali-kali alami banjir, kedekatan dengan pemilik kos, tempat dan rekan-rekan kerja membuatnya seolah-olah sudah diakrabkan dengan bencana hidrometeorologi ini.

“Barang-barang aman. Karena sebelumnya sudah pernah mengalami [banjir]. Jadi tahu harus gimana. Tapi paling parah yang ketiga ini. Sampai masuk ke dalam indekos airnya. Se-lutut [ketinggian air di dalam kos]. Dan kalau dibilang mengganggu aktivitas ya mengganggu. Tapi mau gimana lagi, kerjaannya juga di sini [Kota Semarang],” pungkasnya.

Mengutip postingan Instagram @bpbdkotasemarang, situasi banjir sampai Sabtu pukul 09.00 WIB telah meluas hingga delapan kecamatan dari yang sebelumnya hanya enam kecamatan. Total saat ini, ada 189.936 jiwa terdampak yang tersebar di 52 kelurahan di delapan kecamatan itu.

Berikut rincian delapan kecamatan yang saat ini masih dilanda banjir :

– Kecamatan Genuk ada 13 kelurahan

– Kecamatan Pedurungan ada 6 kelurahan

– Kecamatan Gayamsari ada 7 kelurahan

– Kecamatan Ngalian ada 6 kelurahan

– Kecamatan Tugu ada 5 kelurahan

– Kecamatan Semarang Barat ada 3 kelurahan

– Kecamatan Semarang Timur ada 6 kelurahan

– Kecamatan Semarang Utara ada 6 kelurahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya