SOLOPOS.COM - Banjir yang melanda Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (17/1/2024). (Dok Relawan).

Solopos.com, KENDAL — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Jawa Tengah (Jateng), mencatat masih ada 11 kelurahan atau desa di wilayahnya yang dilanda banjir akibat hujan deras pada Rabu (17/1/2024). Banjir itu diakibatkan hujan deras yang membuat Sungai Kendal meluap karena kurang normalisasi.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Kendal, Ali Sutariyo, mengatakan 11 kelurahan atau desa yang dilanda banjir itu yakni Terompo, Sijeruk, Kebondalem, Langenharjo, Pegulon, Pekauman, Patukangan, Bandengan, Kalibuntu, Karangsari dan Ngilir. Hingga Kamis (11/1/2024) belasan kelurahan itu masih tergenang banjir dengan ketinggian bervariasi.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Masih sama [11 kelurahan]. Tertinggi [banjirnya] di Langenharjo, sampai 20 cm. Patungan agak lumayan juga tapi tertentu titiknya, soalnya ada yang sampai 25-30 cm. Sisanya di bawah 20 cm,” kata Ali saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Ali menerangkan banjir yang melanda 11 kelurahan ini karena hujan deras pada Rabu. Intensitas hujan yang tinggi itu pun kemudian membuat sungai atau Kali Kendal di Kecamatan Kendal tak mampu menampung debit air.

“Kalinya menyempit soalnya. Banyak tanah-tanah. Kena air sedikit langsung melimpas, dan yang jelas saluran air itu sebenarnya kurang normalisasi. Tapi mau di normalisasi enggak bisa, karena kanan-kiri [bantaran kali] ada rumah. Ada yang bangun [rumah] di DAS [daerah aliran sungai]. Padahal bukan tanah mereka, tapi kalau digusur pasti tambah masalah,” ungkapnya.

BPBD Kendal pun sampai saat ini masih fokus pada penanganan di lokasi banjir. Meskipun hingga Kamis siang ini dapur umum (DU) belum didirikan.

“Dampak nanti [belum bisa disampaikan]. Masih fokus lapangan. Dan hari ini kalau tidak ada hujan dan kiriman air, dipastikan sudah bisa surut. Saya imbau masyarakat berhati-hati dan tetap waspada terhadap lingkungan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya