SOLOPOS.COM - Logo KPU. (Instagram-@kpujateng)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Sejumlah siswa SMP Negeri 6 Kabupaten Temanggung berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kabupaten setempat, Senin (23/10/2023). Di rumah pintar itu, para siswa belajar demokrasi terkait pemungutan suara.

Melalui kunjungan tersebut diharapkan para siswa mempunyai gambaran langsung tentang pemilihan langsung. Sepanjang kunjungan, para siswa berkesempatan masuk di setiap ruang pemilihan, seperti pendaftaran dan bilik suara atau pencoblosan.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Pemilihan OSIS nanti adalah salah satu dari gelar karyanya,” kata Guru SMPN 6 Temanggung, Hanif Ramadani, seperti dikutip dari Antara, Senin.

Ketua KPU Temanggung, M. Yusuf Hasyim, mengatakan kunjungan ke rumah pintar ini menjadi bagian dari pembelajaran pemilu berkaitan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi.

Di hadapan para siswa, KPU memberikan gambaran bagaimana sejarah dari pemilu ke pemilu. Kemudian bagaimana teknis dalam pemungutan suara di TPS, termasuk menyiapkan para petugasnya. Lalu cara mencoblos, memilih dijamin kerahasiannya, dan memasukkan surat suara ke kotak suara.

Pendidikan seperti itu sangat penting diberikan kepada anak karena generasi muda harus mendapatkan informasi proyeksi terkait dengan pembelajaran demokrasi di Indonesia.

“Hal ini perlu tahapan-tahapan yang kami sampaikan kepada anak-anak sebagai pembelajaran profil pelajar Pancasila,” katanya.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya