SOLOPOS.COM - Anggota Polres Magelang Kota dapat pelatihan mengolah sampah. (Instagram @polresmagelangkota)

Solopos.com, MAGELANG-Polres Magelang Kota bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tidar Magelang mengadakan pelatihan mengolah sampah bagi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Kepala Polres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang di Magelang, Selasa (24/10/2023), mengatakan bahwa pelatihan mengolah sampah diikuti oleh 31 Bhabinkamtibmas dan beberapa perwira.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Menurut dia, pelatihan itu ditujukan untuk meningkatkan peran Bhabinkamtibmas dalam upaya pengolahan sampah.

“Selama ini kami mengelola sampah masyarakat, seperti pelaku kriminal dan sebagainya. Kali ini kita benar-benar belajar mengolah sampah agar ada daur ulang sampah di masyarakat, sehingga jumlahnya dapat terkendali,” katanya dikutip dari Antara pada Rabu (25/10/2023).

Yolanda mengatakan bahwa selain meningkatkan peran dalam upaya pengelolaan sampah, Bhabinkamtibmas dapat mengambil manfaat ekonomi dari usaha pengolahan sampah.

“Sah, karena ini tidak melanggar aturan mana pun,” katanya.

Pelaksana Tugas Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tidar Magelang Eny Boedi Orbawati menyampaikan bahwa pelatihan pengolahan sampah diharapkan dapat membantu upaya Pemerintah Kota Magelang mengurangi sampah.

Menurut dia, selama semester satu tahun 2023 sampah yang dihasilkan di Kota Magelang mencapai 100 ton lebih.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat bersinergi dengan masyarakat dalam mengelola sampah menjadi barang bermanfaat kembali,” katanya.

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Tidar Adhi Surya Perdana dalam pelatihan mengolah sampah bagi Bhabinkamtibmas Polres Magelang antara lain menjelaskan cara pembuatan kompos.

Akademisi yang berpengalaman mengelola sampah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur itu juga menyampaikan cara memanfaatkan sampah menjadi barang keperluan rumah tangga dan suvenir.

Setelah menjalani pelatihan, Bhabinkamtibmas diharapkan dapat menerapkan ilmunya di wilayah operasi masing-masing.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya