SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, DEMAK — Pemungutan suara susulan Pemilu 2024 pada 10 desa di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang terdampak banjir bakal digelar 24 Februari 2024.

“Awalnya ada sembilan desa di Kecamatan Karanganyar dan Gajah, tetapi seiring waktu ternyata ada tambahan satu desa sehingga total ada 10 desa yang nantinya mengikuti pemilu susulan,” kata Bupati Demak, Esiti’anah, di Ruang Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (16/2/2024).

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Ke-10 desa di Demak tersebut tidak bisa menggelar pemungutan suara pada 14 Februari 2024 karena bencana banjir yang melanda wilayah tersebut.

Desa yang menggelar pemilu susulan itu meliputi Desa Wonoketingal, Cangkringrembang, Cangkring, Undaan Kidul, Undaan Lor, Ngemplikwetan, Wonorejo, Karanganyar, Ketanjung, dan Jatirejo. Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah ditetapkan sebanyak 114 TPS.

Bupati Esiti’anah mengatakan terdapat sekitar 27.000 orang pemilih pada 10 desa yang terdampak banjir itu. Berdasarkan aturan, pelaksanaan pemilu susulan maksimal 10 hari setelah pemilu serentak digelar pada 14 Februari 2024.

Dalam rangka memperlancar pelaksanaan pemilu susulan, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah diminta mendata warga yang mengungsi.

“Jika calon lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah ditentukan masih tergenang banjir maka bisa dialihkan ke lokasi lain yang aman dari banjir,” ujar Bupati Esiti’anah.

Dia menambahkan rencana pemilu susulan di Kecamatan Karanganyar itu juga sudah diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Jateng.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya