SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), bakal membuka pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota (cawali-cawawali) Kota Semarang dari jalur independen, atau bukan dari partai politik (parpol) mulai 5 Mei-19 Agustus nanti. Adapun salah satu syarat calon wali kota dari jalur independen atau perseorangan itu adalah mengantongi dukungan minimal sekitar 80.578 orang.

Komisioner KPU Kota Semarang, Alhmad Zaini, menjelaskan jika syarat pencalonan cawali-cawawali Kota Semarang dari jalur independen itu harus menyerahkan bukti dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024. Adapun pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang ini bakal dilangsungkan pada November mendatang.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Iya, itu [80.578 suara] sudah 6,5 persen dari total DPT Kota Semarang pada tahun 2024 yang sebanyak 1.239.669 orang,” kata Zaini kepada Solopos.com, Senin (25/3/2024).

Lebih lanjut, pendaftar juga harus menyerahkan surat pernyataan (Model B.1-KWK). Kemudian lampiran fotokopi KTP atau surat perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) pada surat pernyataan dukungan.

“Dukungan tersebut berupa tanda tangan dukungan pada form yang diatur serta fotokopy KTP-el,” imbuhnya.

Adapun pendukung cawali-cawawali KOta Semarang yang usia dan pekerjaannya tidak memenuhi syarat, maka menyerahkan surat pernyataan bahwa yang bersangkutan sudah/pernah kawin dan atau tidak lagi memiliki pekerjaan yang tercantum dalam KTP. Kemudian setelah dokumen persyaratan dukungan tersebut terkumpul, dikirim dan nantinya akan diverifikasi oleh KPU Kota Semarang.

“Dukungan tersebut nantinya akan diverifikasi secara administrasi dan faktual. Dan ini masih ada waktu, persiapkan segala berkas dan persyaratan yang ada. Agar tak ada kesalahan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya