SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, saat konferensi pers Festival Indonesia Raya di Pendapa Papak Balai Kota Salatiga Senin (14/8/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Beragam kegiatan telah dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga untuk menghibur warga Salatiga maupun luar Kota Salatiga dalam memeriahkan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI). Salah satu yang menarik adalah acara Festival Indonesia Raya, yang akan berlangsung pada Jumat-Minggu (25-27/8/2023).

Festival Indonesia Raya merupakan kerja sama Pemkot Salatiga dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Nantinya dalam kegiatan ini akan ada penampilan dan expo mulai dari ciri khas budaya dan gastronomi, atau kuliner dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan tersebut difokuskan di Auditorium UIN Salatiga untuk expo budaya dan Kampus Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW Salatiga untuk seminar wawasan kebangsaan.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan Festival Indonesia Raya merupakaan bentuk kebersamaan dalam merayakan kemerdekaan Republik Indonesia dalam atmosfer merah putih dengan tema keanekaragaman budaya Indonesia.

“Pada saat pembukaan, akan menghadirkan artis ibukota. Saya rahasiakan [artinya] biar kepo,” terang Sinoeng saat konferensi pers di Pendapa Papak Balai Kota Salatiga, Senin (14/8/2023).

Selain pembukaan dengan hiburan dari artis ibu kota, kata Sinoeng, juga akan ada parade karnaval budaya dari beragam etnis yang digelar pada Minggu (27/8/2023) siang. Karnaval itu sedianya akan diikuti oleh 50 peserta karnaval. Pihaknya membatasi peserta untuk manajemen waktu agar tidak terlalu menyita waktu.

“Namun 50 peserta itu akan memberikan penampilan yang fokus dan optimal. Justru akan memberikan sajian dan tontonan kepada masyarakat,” beber Sinoeng.

Menparekraf

Pada pembukaan acara Festival Indonesia Raya akan dihadiri secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Jika tidak ada perubahan, kami sedang mengawal untuk informasi pertama, sudah ada kesediaan Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, rawuh [datang],” jelas Sinoeng.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Salatiga, Yayat Nurhayat, menambahkan rangkaian Festival Indonesia Raya bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi kreatif di Kota Salatiga. Oleh karenanya dalam event ini juga digelar sejumlah acara seperti expo kuliner.

“Masih ada juga seminar wawasan kebangsaan pada tanggal 26 Agustus 2023 di FTI UKSW. Jadi kita dua tempat bazar di UIN dan seminar ada di UKSW. Seminar itu kita undang lembaga dari pusat untuk menjadi narasumber yaitu MPR, DPR, DPD, Lemhanas dan satu kita rencanakan Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogja,” terang Yayat.

Persiapan acara Festival Indonesia Raya diklaim saat ini sudah mencapai 85 persen. Sedangkan untuk karnaval akan dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota Salatiga menuju Balai Kota Salatiga pada Minggu (27/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya