SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, SEMARANG — Pengelola Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang, Jawa Tengah (Jateng) melakukan perubahan peraturan bagi para pembesuk narapidana. Perubahan ini untuk meminimalisasi aksi penyelundupan narkoba dari pintu masuk Lapas.

Kepala Bidang (Kabid) Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas Kedungpane Semarang, Andreas Wisnu Saputra, mengatakan peraturan kunjungan yang diubah berupa barang bawaan yang semula dibawa pembesuk kini dibawa petugas yang nantinya akan dibagikan di aula kunjungan.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Hal itu bertujuan agar para pengunjung tidak ada yang bisa menyelipkan barang larangan di barang bawaan kunjungan pada saat penggeledahan badan.

“Itu [pemeriksaan] selama ini disinyalir menjadi celah pada saat kunjungan tatap muka,” ujar Andreas kepada wartawan, Kamis (19/10/2023).

Andreas menjelaskan pengelola Lapas terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Di mana, salah satunya dengan memberikan layanan kunjungan tatap muka.

Oleh sebab itu, adanya perubahan alur kunjungan tersebut diharapkan tidak ada lagi pengunjung yang berupaya memasukkan barang terlarang ke dalam Lapas.

Berikut ini alur kunjungan ke Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang yang membawa barang bawaan:

1. Pengunjung mengambil nomor antrean kunjungan.

2. Petugas memanggil pengunjung sesuai dengan nomor antrean.

3. Petugas mendaftarkan dan mendata pengunjung.

4. Barang bawaan dan pengunjung digeledah oleh petugas.

5. Barang bawaan dititipkan ke petugas dan nanti akan dibagikan ke pengunjung di aula kunjungan.

6. Setelah diperiksa, pengunjung menggunakan sandal yang telah disediakan oleh Lapas (untuk menghindari adanya penyelundupan barang-barang yang dilarang masuk ke dalam Lapas).

7. Pengunjung diberi stempel penanda dan kartu tanda pengenal.

8. Pengunjung menuju tempat kunjungan yang telah disediakan oleh Lapas.

9. Pendaftaran ditutup pada pukul 10.30 WIB. Sementara kunjungan tatap muka berakhir pada pukul 11.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya