SOLOPOS.COM - Pantai Kartini Jepara. (Istimewa/Instagram @hanifphotography)

Solopos.com, JEPARA — Daftar pantai di Jepara selalu menarik dicermati sekaligus dikunjungi para wisatawan, baik domestik dan mancanegara. Di Jepara terdapat deretan pantai yang menawarkan keindahan alam memesona.

Di antara deretan pantai di Jepara, berikut ini enam pantai yang sering menarik perhatian pengunjung.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

1. Pantai Kartini

Pantai ini berlokasi di Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Dikutip dari disparbud.jepara.go.id pada Kamis (16/11/2023), pantai yang terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara ini memiliki berbagai sarana pendukung.

Hal itu seperti dermaga penyeberangan ke Pulau Panjang dan pelabuhan ke Kepulauan Karimunjawa. Di samping itu juga terdapat akuarium ikan raksasa berwujud kura-kura, hotel, homestay, tempat ibadah, dan lain-lain.

Pantai Kartini merupakan bukti sejarah yang tidak akan lepas dari kehidupan pribadi tokoh emansipasi wanita RA Kartini. Pantai yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah kediaman (pendopo kabupaten) ini memang dulu menjadi daerah tujuan wisata bagi keluarga/kerabat kabupaten untuk beristirahat dan melepas lelah.

Di pantai ini pula, RA Kartini pada masa kecilnya sering bermain-main dan bercanda ria bersama-sama saudaranya. Akhirnya, sebagai ungkapan penghargaan dan untuk mengingat kebesaran perjuangan RA Kartini maka pantai tersebut dinamakan Pantai Kartini.

2. Pantai Panjang

Dilansir dari www.tempatwisata.pro, Pulau Panjang memiliki luas 19 hektare. Pantai Pulau Panjang berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara.

Pantai Pulau Panjang merupakan pantai dengan pasir putih. Tidak hanya memanjakan penikmat dengan deru ombak yang menenangkan, para pengunjung di pantai ini bisa berkemah, snorkeling, dan wisata religi.

3. Pantai Bandengan

Daftar pantai di Jepara berikutnya, yakni Pantai Bandengan. Pantai ini berlokasi di Desa Bandengan, Kabupaten Jepara. Dikutip dari salsawisata.com, Pantai Bandengan merupakan salah satu destinasi wisata pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Pantai Bandengan juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Terdapat juga banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berenang, watersports, atau berkeliling dengan perahu.

4. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur berada di Jalan Teluk Awur, Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Pantai ini jaraknya hanya 30 menit dari Jepara. Pantai ini menawarkan keindahan lautnya yang bersih dan tenang.

Dikutip dari www.tempatwisata.pro, beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Teluk Awur, seperti musala, toilet, tempat parkir, banana boat, warung makan, gazebo, kano, jet ski, surfboard, duck buoy/pelampung bentuk bebek, donut buoy/pelampung ban dalam, dan lain-lain.

5. Pantai Tanggul Tlare

Sesuai namanya, pantai ini berlokasi di Desa Tanggul Tlare, Kecamatan Kedung. Penamaan desa tersebut berasal dari gabungan dua desa, masing-masing tanggul dan tlare.

Dikutip dari tanggultlare.jepara.go.id, di pantai ini pernah ditanami pohon mangrove dalam rangka Polda Jateng Mageri Segoro pada 12 Oktober 2021.

6. Pantai Benteng Portugis

Benteng ini terletak sekitar 45 kilometer (km) dari pusat kota Jepara, atau tepatnya di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jateng. Benteng ini memiliki sejarah panjang antara Mataram dengan bangsa Portugis.

Dikutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Benteng Portugis Jepara secara administratif terletak di Desa Banyumanis. Pada awalnya benteng ini berada di wilayah Kecamatan Keling, tetapi setelah adanya pemekaran wilayah pada tahun 2008/2009 maka keberadaan Benteng Portugis ini sekarang masuk dalam wilayah Kecamatan Donorojo.

Demikian tadi enam daftar pantai eksotik di Jepara. Di luar itu, tentu masih ada pantai lainnya karena Jepara dikenal memiliki banyak pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya