SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menghadiri tradisi potong rambut gimbal pada acara Dieng Culture Festival (DCF) 2022, Sabtu (3/9/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Setelah ditiadakan pada 2023, Dieng Culture Festival akan diselenggarakan kembali pada 2024.

Berdasarkan jadwal yang tertera dalam Jawa Tengah Calender of Events 2024, acara tahunan yang digelar di Dataran Tinggi Dieng itu akan diadakan pada 23-25 Agustus 2024. Menurut informasi yang ada, acara akan digelar di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, JAwa Tengah.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Acara yang banyak dinanti-nantikan oleh wisatawan ini memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di Dataran Tinggi Dieng.

Pada Dieng Culture Festival 2024 ini bakal ada pertunjukan musik jaz, pelepasan lampion, kembang api, pameran UMKM, dan pertunjukan kesenian tradisional. Puncak dari acara ini adalah ritual cukur rambut gimbal anak gembel Dieng atau dikenal dengan Ruwatan Rambut Gimbal.

Ruwatan Rambut Gimbal merupakan acara pemotongan rambut gimbal anak-anak berambut gimbal di Dieng. Anak-anak berambut gimbal ini dipercaya sebagai titipan penguasa alam gaib dan rambutnya baru bisa dipotong setelah permintaannya dipenuhi.

Seorang anak Bajang atau berambut gimbal menyapa wisatawan saat mengikuti tradisi potong rambut gimbal di telaga Cebong kawasan ataran tinggi Dieng desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (3/7/2022). (Antara/Anis Efizudin)

Sebelum acara pemotongan rambut, akan dilakukan ritual doa di beberapa tempat, di antaranya Candi Dwarawati, Kompleks Candi Arjuna, Sendang Maerokoco, Candi Gatotkaca, Telaga Balaikambang, Candi Bima, Kawah Sikidang, Gua di Telaga Warna, Kali Pepek dan tempat pemakaman Dieng. Keesokan harinya baru dilakukan kirab menuju tempat pencukuran. Selama berkeliling desa anak – anak rambut gimbal ini dikawal para sesepuh, tokoh masyarakat, kelompok paguyuban seni tradisional, serta masyarakat.

Wisata Jawa Tengah berbasis alam dan kebudayaan ini pada awalnya digagas oleh kelompok sadar wisata atau Pokdarwis setempat, yakni Pokdarwis Dieng Pandawa. Pertama kali Dieng Culture Festival ini digelar pada 2010 dengan nama Pekan Budaya Dieng.

Memasuki tahun ketiga penyelenggaraan Pekan Budaya Dieng, masyarakat berinisiatif membuat kelompok sadar wisata yang diberi nama Pokdarwis Dieng Pandawa. Selain itu, mereka mengganti nama event yang semula bernama Pekan Budaya Dieng menjadi Dieng Culture Festival.

Terkait siapa saja pengisi Dieng Culture Festival 2024, pihak penyelenggara belum menginformasikan. Akan tetapi, pada gelaran Dieng Culture Festival 2022, ada beberapa artis ternama yang tampil di acara tersebut, yakni Marcell Siahaan, Denny Caknan, Andien, Budi Doremi, dan Stars & Rabbit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya