SOLOPOS.COM - Gedung Spiegel yang terletak di kawasan Kota Lama Semarang. (wonderfulimages.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Lama Semarang yang berada Semarang Utara berhias diri menjadi wisata kekinian yang serba ada, mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, spot foto, hingga spot nongkrong di malam hari.

Wisata andalan Jawa Tengah ini merupakan sebuah kawasan cagar budaya terdiri dari gedung-gedung tua dan bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun. Kala itu, kawasan ini adalah pusat pemerintahan Hindia Belanda sehingga arsitektur bangunannnya bergaya Eropa dengan pintu utama dan jendela yang besar. Di tambah lagi dengan elemen khas Eropa dengan langit-langit yang tinggi semakin membuat kawasan ini menarik untuk dikunjungi.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Saking miripnya dengan kawasan di Eropa, Kota Lama ini juga dijuluki sebagai Little Netherland. Nah, kawasan seluas 31 hektare itu terdapat spot-spot wisata yang menarik dikunjungi wisatawan baik di siang hari maupun malam hari.

Berikut ini beberapa spot wisata di Kota Lama Semarang yang serba ada mulai dari kuliner, religi, sejarah, hingga tempat asyik buat nongkrong di malam hari.

Wisata Kota Lama Semarang

1. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang. (Instagram-@kotalamasemarang)

Gereja Blenduk merupakan salah satu ikon terpenting dari pariwisata Kota Semarang yang wajib Anda kunjungi. Gereja yang dibangun pada tahun 1753 ini merupakan salah satu gereja tertua di Indonesia. Gereja Blenduk memiliki karakteristik arsitektur yang unik dengan kubah besar di atasnya yang menjadi ciri khas bagi gereja ini. Di dalam gereja, mata pengunjung akan dimanjakan dengan interior indah dengan ornamen serta lukisan yang rumit nan menakjubkan.

Berada di kawasan Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk juga menarik untuk spot foto bagi para wisatawan.

2. Nasi Koyor Kota Lama

Warung Nasi Koyor Kota Lama (Instagram/@sutisnohanny)

Kurang afdal jika berkunjung ke Kota Lama Semarang jika tidak mencicipi Nasi Koyor Kota Lama. Warung makan yang berada di Jl Gelatik 7, Purwodinatan, Semarang Tengah ini terkenal legendaris dan telah buka sejak 1955. Menu yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini adalah nasi koyor yang dipadukan dengan gudeg.

3. Gedung Marabunta

gedung marabunta semarang
Gedung Marabunta di kawasan Kota Lama Semarang. (Dok. Solopos.com)

Wisata Kota Lama Semarang lainnya yang wajib dikunjungi dan cocok buat spot foto ada Gedung Marabunta. Bangunan kuno ini memiliki dua patung semut raksasa di atas atapnya. Pada masa kolonial, gedung ini digunakan sebagai empat pertunjukan opera dan cafeteria bernama Schouwburg.

Saat memasuki gedung ini, wisatawan akan merada berada di kapal terbalik karena langit-langitnya menyerupai kapal terbaik.

4. Semarang Kreatif Galeri

Semarang Kreatif Galeri. (Google/Catur Joko)

Masih berada di Kawasan Kota Lama Semarang, Semarang Kreatif Galeri berisi produk-produk UMKM Semarang dengan kualitas premium. Di sini Anda dapat menemukan berbagai kerajinan kreatif buatan warga Semarang yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Produk unggulan dari tempat ini ada batik tulis, cap ataupun printing dengan corak Semarangan dan kontemporer, suvenir, kerajinan buatan tangan yang dibuat secara menarik dan kreatif.

5. Gedung Marba

sejarah gedung marba semarang wisata alternatif semarang spot foto kota lama semarang
Tampilan Gedung Marba yang menjadi salah satu ikon Kota Lama Semarang. (Instagram/@alapalapnusantara)

Salah satu gedung yang cukup ikonik di kawasan Kota Lama adalah Gedung Marba. Gedung ini diketahui dibangun pada abad 19 oleh saudagar kaya asal Yaman bernama Marta Badjunet. Sebagai kenangan, bangunan ini akhirnya dinamakan Marba, yang merupakan singkatan dari Marta Badjunet.

Gedung Marba masih memiliki bentuk asli gaya neoklasik yang megah. Gedung Marba cenderung berkesan eksotis karena memiliki arsitektur tropis Hindia Belanda.

6. Taman Srigunting

Becak tarik ala Jepang yang menjadi spot foto favorit wisatawan saat mengunjungi Taman Srigunting, Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—archellastyasaputra)
Becak tarik ala Jepang yang menjadi spot foto favorit wisatawan saat mengunjungi Taman Srigunting, Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram/archellastyasaputra)

Taman Srigunting juga menjadi tempat yang menarik untuk nongkrong di Kota Lama Semarang di malam hari. Lokasinya yang bersebelahan dengan Gereja Blenduk ini membuat Taman Srigunting juga ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya