SOLOPOS.COM - Petugas puskesmas Kecamatan Jaten tengah memberikan vaksin polio kepada anak di wilayah Dagen pada Rabu (17/1/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SEMARANG–Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar sub PIN atau imunisasi polio putaran ke dua secara serentak di 35 kabupaten/kota mulai Senin (19/2/2024) ini.

Khusus Kabupaten Demak yang terdampak banjir dan Kabupaten Kudus yang menjadi tempat pengungsian, Dinkes Jateng bakal menerapkan jemput bola vaksinasi polio.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jateng, Irma Makiah, mengatakan target putaran ke-2 imunikasi polio ini sama seperti putaran pertama, yakni 3,9 juta anak usia 0-7 tahun.

Alokasi vaksin jenis nOPV2 atau Novel Oral Poliomyelitis Vaccine yang didapat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekitar 81 vial pun telah selesai distribusikan ke 35 kabupaten/kota.

“Nah, di Demak dan Kudus untuk wilayah yang kecamatannya tidak terdampak [banjir], tetap sesuai jadwal [19 Februari 2024]. Kemudian untuk putaran kedua ini, minimal jarak imunisasi pertama dengan kedua itu 28 hari ya,” jelas Irma kepada Solopos.com, Senin.

Oleh sebab itu, lanjut Irma, husus untuk kecamatan yang masih terdampak, Dinkes Jateng bakal menerapkan skema berbeda. Sementara ini, pihaknya bakal melakukan dengan cara jemput bola hingga ke tempat pengungsian.

“Namun untuk tempat pengungsian [Kudus], kita sedang koordinasi untuk strateginya. Dan kemungkinan besar jemput bola,” sambungnya.

Terkait target pada putaran kedua ini, Dinkes Jateng mematok di angka 95 persen. Harapannya, banjir di Demak bisa segera surut agar target tersebut bisa terealisasi merata di tiap kabupaten/kota.

“Mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Seperti putaran pertama di mana 35 kabupaten/kota mencapai target semua,” klaimnya.

Lebih rinci, berdasarkan data yang diterima Solopos.com, capaian sub PIN polio di Jateng pada putaran pertama mencapai 101,1 persen. Yakni ada sebanyak 3.947.555 anak usia 0-7 tahun yang telah divaksinasi polio.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bakal melakukan dua kali putaran sub PIN atau imunisasi polio serentak atau massal di 35 kabupaten/kota pada Januari dan Februari 2024. Langkah tersebut diambil seusai adanya temuan satu kasus positif polio di Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya