SOLOPOS.COM - Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Solopos.com/Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Semarang menargetkan kunjungan wisatawan ke Kota Lumpia dapat mencapai 5,5 juta orang hingga akhir tahun ini. Target ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 5,2 juta kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso, mengatakan kunjungan wisatawan ke Kota Semarang mencapai 4,2 juta orang sejak awal tahun hingga Oktober 2023. Hingga Desember 2023, target kunjungan wisatawan bisa mencapai 5,5 juta orang.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Harapan kami pada Desember nanti, kunjungan wisatawan bisa tembus rekor mengalahkan kunjungan tahun 2022 [5,2 juta wisawatan]. Setidaknya harus di angka 5,5 juta wisatawan,” ujarnya, Senin (20/11/2023).

Jumlah itu membuktikan Kota Semarang masih layak menjadi peringkat pertama kunjungan di Jateng, di atas angka kunjungan ke Candi Borobudur, Magelang. Namun, masih banyak tantangan dan momentum yang harus bisa diambil Pemkot Semarang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Dulu, Semarang hanya kota transit. Tapi saat ini, banyak wisatawan yang memasukkan Kota Semarang dalam list kota yang ingin dikunjungi,” katanya.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menambahkan pihaknya juga terus berupaya mempercantik destinasi yang ada. Pemkot Semarang juga menggandeng pihak swasta untuk mempromosikan wisata di Kota Atlas.

“Tentunya kami sangat bergembira dan sangat mengapresiasi, khususnya bagi teman-teman di sektor industri pariwisata. Antara lain pihak perhotelan, travel agent, dan sebagainya,” imbuh perempuan yang karib disapa Mbak Ita tersebut.

Selain itu, event berskala nasional bahkan internasional juga terus digelar di Kota Semarang. Menurutnya, ini bisa menjadi salah satu pendongkrak kunjungan pariwisata di Semarang.

“Banyak event digelar, termasuk keterlibatan pihak perhotelan yang juga selalu kreatif menyajikan event dan promo menariknya,” tandasnya.

Untuk diketahui, sederet event menarik seperti Festival Barongsai, Semarang Bercerita yang kaitannya dengan jalur rempah di Kota Lama Semarang akan segera digelar di Kota Semarang. Disbudpar Kota Semarang juga menggelar event seperti Pandanaran Art dan Jazz Festival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya