SOLOPOS.COM - Polisi saat mengamankan truk muatan kedelai yang dibawa kabur orang di wilayah Bawen Kabupaten Semarang Jawa Tengah (Jateng) Jumat (29/12/2023). (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN – Satu unit truk bermuatan kedelai hilang saat ditinggal istirahat oleh sopirnya di parkiran Pojoksari, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) Jumat (29/12/2023) malam.

Kasat Reskrim Polres Semarang, AKP Aditya Perdana, menjelaskan pengemudi truk yang diketahui bernama Catur Prasetyo, 31, warga Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang itu kebingungan saat mendapati truknya telah hilang.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Truk Hino bernomor polisi H 8129 OA yang dikemudikan Catur mulanya dikemudikan untuk mengirim kedelai siap olah sebanyak 17 ton dari Semarang menuju Yogjakarta pada Kamis (28/12/2023). Kemudian sekitar pukul 19.30 WIB, pengemudi beristirahat di daerah Pojoksari Kecamatan Ambarawa.

“Pada pukul 01.40 WIB dirinya menyadari bahwa truk yang dikemudikannya sudah tidak di lokasi. Sempat bersama sopir truk yang juga beristirahat di lokasi kejadian mencari keberadaan truk miliknya. Namun karena tidak membuahkan hasil melaporkan ke Polsek Bawen,” jelas Kasat Reskrim, Jumat (29/12/2023).

Menerima laporan tersebut, aparat Polsek Bawen bersama Satreskrim Polres Semarang melakukan penyisiran dan mendapat petunjuk bahwa truk dikemudikan ke daerah Bawen.

“Pelaku bersama truk berhasil diamankan di ujung Jalan Lingkar Ambarawa arah Bawen, tepatnya di bawah tempat wisata Eling Bening sekitar pukul 02.10 WIB ,” ungkap AKP Aditya.

Setelah dilakukan penangkapan diketahui pelaku adalah TS, 60, warga Kabupaten Karanganyar namun berdomisili di Pojoksari, Kecamatan Ambarawa.

“Setelah kami amankan dan introgasi kepada pelaku, latar belakang melakukan aksinya karena alasan kebutuhan ekonomi. Pelaku bisa dengan mudah mencuri truk, karena kunci truk ditinggal di rak kabin truk,” beber AKP Aditya.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu pucuk Air Soft Gun dalam kondisi kosong dan rusak yang digunakan untuk berjaga-jaga dan menakuti korbannya.

“Saat pelaku kami amankan di Polres Semarang guna dilakukan penyidikan lebih lanjut,” tandas Kasat Reskrim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya