SOLOPOS.COM - Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4/4024). (ANTARA/HO-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo, mengatakan Bus Rosalia Indah sempat mengganti armada bus sebelum mengalami kecelakaan tunggal di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024) pagi.

Kendati demikian, sopir bus tak diganti sehingga  alami kelelahan atau mengantuk dan menyebabkan terjadinya microsleep.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Keterangan yang kami dapatkan, ada kendala kendaran menurut penumpang dan pihak PO Bus. Sopir dan penumpang di KM 227 pukul 01.30 WIB berhenti kemudian ganti bus. Hingga terjadi kecelakaan di 370 A,” terang AKBP Cahyo di RS Islam Weleri Kendal, Kamis.

Meski demikian, Polres Batang masih akan menyelidiki lebih lanjut terkait penyebab bus Rosalia itu bisa oleng atau hilang kendali. Sementara saat ini, pihaknya tengah fokus pada penanganan korban selamat.

“Sopir masih perawatan di IGD. belum bisa dimintai keterangan lagi. Dan statusnya [sopir] masih saksi. Karena masih dirawat,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan sopir bus Rosalia Indah AD 7019 OA, yakni Jalur Widodo, diduga mengalami microsleep saat melintas di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sebab, di tempat kejadian perkara (TKP), tak ditemukan jejak pengereman.

“Kemungkinan itu [microsleep]. Sehingga terjadi kecelakaan,” kata Irjen Pol Aan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya