SOLOPOS.COM - Grebeg Ojeg Drojogan ke-9 di Lapangan Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, Magelang, Minggu (29/10/2023). (beritamagelang.id)

Solopos.com, MAGELANG-Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang Mulyanto serta jajaran Forkompimcam Salaman menghadiri acara Grebeg Ojeg Drojogan ke-9 di Lapangan Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, Minggu (29/10/2023).

Pada acara tersebut, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengungkapkan Kabupaten Magelang memiliki potensi UMKM yang cukup tinggi, salah satunya para pedagang ojeg. Ia menyebutkan sampai saat ini terdapat lebih dari 109.000 unit usaha UMKM yang tersebar di 21 kecamatan dengan berbagai produk, yang mana telah mampu menyerap tenaga kerja.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Namun perlu kita sadari bersama, bahwa para pelaku UMKM, secara umum masih mempunyai beberapa kelemahan dan menghadapi banyak kendala serta permasalahan-permasalahan, seperti diantaranya adalah masalah permodalan dan masalah pemasaran,” ungkap Zaenal dikutip dari laman beritamagelang.id pada Senin (30/10/2023).

Untuk itu, lanjut Zaenal, berbagai langkah pengembangan, pembinaan dan motivasi usaha, perlu dilakukan agar mampu meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan peningkatan pemasaran. Terkait dengan hal tersebut, para pedagang ojeg saat ini dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menjajakan dan memasarkan barang dagangannya.

“Ada satu hal yang perlu saya imbau kepada saudara-saudara para pedagang ojeg untuk terus menjaga kualitas barang dagangannya, baik dari segi kebersihannya maupun dari bahan-bahan yang dipakai untuk membuat produk ojegnya,” pesan Zaenal.

Melalui kegiatan Grebeg Ojeg ini, Zaenal berpesan kepada generasi muda di Kabupaten Magelang utamanya di Kecamatan Salaman, agar bisa menanamkan nilai-nilai cinta Tanah Air dari sejarah sumpah pemuda yang di peringati setiap tanggal 28 Oktober.

Selain itu, generasi muda harus lebih aktif terutama dalam membangun karakter mental berpikir. Sehingga, kegiatan grebeg ojeg yang ke-9 ini, tidak hanya menggerakkan semangat kepemudaan saja, akan tetapi juga menggeliatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk itu, saya menyambut gembira dan mendorong acara Grebeg Ojeg ini. Harapan saya, kegiatan ini dapat dijadikan momentum bagi peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan rakyat, yang sudah barang tentu memerlukan dukungan semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Magelang, tokoh masyarakat maupun para pelaku bisnis lainnya, yang pada akhirnya akan mampu mendorong meningkatnya ekonomi lokal,” ujarnya.

Terakhir, Zaenal berharap kepada para pelaku UMKM agar bisa bersaing di tengah semakin masifnya perkembangan atau pergerakan masyarakat dalam berbelanja online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya