SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kabupaten Semarang Bambang Setyono bersama Forkompinda Kabupaten Semarang saat memusnahkan surat suara rusak dan sisa di Halaman GOR Wujil, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (13/2/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN – Sehari menjelang pemungutan suara atau coblosan, Selasa (13/2/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaaten Semarang memusnahkan 18.841 surat suara yang rusak dan sisa atau kelebihan surat suara. Pemusnahan itu turut disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Semarang dan Forkopimda Kabupaten Semarang di GOR Wujil, Kecamatan Bergas.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Bambang Setyono, mengatakan pemusnahan surat suara jelang H-1 coblosan memang sudah menjadi ketentuan dan aturan KPU “Jadi sesuai arahan dari KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Tengah, ditambah dengan hasil Surat Keputusan Nomor 1281 Tentang Pemusnahan Surat Suara, maka kami KPU Kabupaten Semarang melakukan pemusnahan surat suara tersebut hari ini,” kata Bambang.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Dijelaskan, surat suara yang dimusnahkan hari ini dengan cara dibakar tersebut, merupakan suarat suara sisa hasil pengepakan logistik yang telah dilakukan selama ini. “Surat suara yang dimusnahkan hari ini ini merupakan surat suara sisa hasil pengepakan logistik Pemilu 2024 yang saat ini sudah didistribusikan ke masing-masing TPS yang ada di Kabupaten Semarang, dan juga surat suara yang tidak layak pakai dari hasil proses sortir selama ini yang sudah kami lakukan,” ungkapnya.

Total jumlah surat suara yang dimusnahkan tersebut sebanyak 18.841 surat suara, yang terdiri dari lima jenis surat suara Pemilu 2024. “Kita musnahkan semuanya sampai habis. Jadi tidak boleh ada yang tersisa dari pemusnahan surat suara sisa dan yang tidak layak pakai ini, dengan cara dibakar,” sambungnya.

Tidak hanya itu, Ketua KPU Kabupaten Semarang itu juga menyampaikan bahwa untuk proses penggantian surat suara tersebut sudah selesai semuanya. “Jadi untuk gantinya surat suara yang tidak layak pakai memang kemarin sudah kami sampaikan ke KPU Provinsi Jawa Tengah, dan sudah diganti yang baru, dan juga sudah selesai kami proses pengepakannya pada proses pengepakan logistik sebelum kami distribusikan, jadi semuanya sudah aman semuanya dan sudah kami distribusikan,” paparnya.

Bambang mengaku, saat ini proses distribusi logistik Pemilu 2024 sudah dilakukan secara menyeluruh. “Logistik bahkan sudah didistribusikan ke masing-masing TPS yang ada di Kabupaten Semarang. Jadi hari ini semua petugas PPS Desa sudah mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke masing-masing TPS yang ada,” lanjut Bambang.

Bambang juga memastikan, bahwa baik KPU Kabupaten Semarang dan seluruh TNI dari Kodim 0714/Salatiga, Polres Semarang, dan jajaran Forkompinda Kabupaten Semarang sudah memastikan kesiapan masing-masing TPS untuk melaksanakan proses pemungutan suara besok Rabu (14/2/2024).

“Proses tahapan pemungutan suara besok dan juga pendistribusian logistik semuanya kami pantau hari ini, dan semua kami pastikan aman dan lancar, semoga besok juga berjalan lancar semuanya,” tandas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya