SOLOPOS.COM - Ilustrasi hutan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan hasil hutan. Berikut lima daerah di Jawa Tengah (Jateng) dengan area hutan terluas.

Dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng yang dirangkum dalam Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Dalam Angka 2023, Jateng memiliki luas area hutan produksi mencapai 649.348,25 hektare. Hutan seluas itu terbagi di 30 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Dari area hutan seluas itu di Jateng sebagian besar beraada di wilayah Kabupaten Blora. Selama ini, Blora yang menjadi daerah penghasil kayu jati memang dikenal memiliki daerah dengan area hutan terluas di Jateng.

Dilansir dari laman Facebook BPS Kabupaten Blora, hutan jati di Kabupaten Blora memang terkenal dengan keangkerannya. Meski demikian, luas kawasan hutan di Blora itu setara dengan 50,6 persen luas wilayahnya. Luas kawasan hutan di Blora mencapai 90.816,58 hektare, sementara luas wilayahnya sekitar 179.440 hektare. Kawasan hutan di Blora juga setara 13,96 persen dari keseluruhan luas kawasan hutan di Jawa Tengah (Jateng).

Berikut lima daerah di Jawa Tengah dengan area hutan terluas atau lebih besar dibandingkan daerah lain:

1. Blora

Blora menjadi kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) dengan kawasan hutan terluas. Berdasarkan data BPS Jateng yang bersumber dari Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tentang Penunjukan Kawasan Hutan dan Perairan Serta Tata Guna Hutan Kesepakatan (TGHK), luas hutan di Blora mencapai 90.816,58 hektare. Dari luas sebesar itu sebagian besar merupakan hutan produksi yang mencapai 90.491,33 hektare.

2. Grobogan

Kabupaten Grobogan menjadi daerah kedua yang memiliki kawasan hutan terluas di Jateng. Luas kawasan hutan di Grobogan mencapai 69.954,23 hektare.

3. Brebes

Kabupaten Brebes merupakan daerah di Jateng dengan jumlah penduduk terbanyak. Meski demikian, Brebes juga dikenal dengan daerah yang memiliki banyak kawasan hutan.

Bahkan, kawasan hutan di Brebes tergolong cukup luas dan menempati urutan ketiga sebagai daerah di Jawa Tengah yang memiliki kawasan hutan terluas. Luas kawasan hutan di Brebes saat ini mencapai 50.009,40 hektare. Dari luas sebanyak itu, sebagian merupakan hutan produksi tetap yang mencapai 23.132,23 hektare.

4. Cilacap

Kabupaten Cilacap tidak hanya dikenal sebagai kabupaten terluas di Jateng. Cilacap juga dikenal sebagai salah satu daerah di Jateng yang memiliki kawasan hutan terluas.

Luas kawasan hutan di Cilacap mencapai 49.859,29 hektare, di mana sekitar 27.919,77 hektare merupakan hutan produksi tetap.

5. Banyumas

Banyumas yang terletak bersebelahan dengan Cilacap juga menjadi salah satu daerah di Jateng dengan area hutan terluas. Luas hutan di Banyumas mencapai 28.646,70 hektare, di mana sebagian kecil atau sekitar 5.292,58 hektare masuk kategori hutan produksi tetap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya