SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Pemilihan kepala daerah atau Pilwalkot Salatiga tahun 2024 semakin dekat. Kendati demikian, hingga kini belum ada satu pun tokoh yang mendeklarasikan diri untuk maju atau masuk dalam daftar calon wali kota (cawali) pada Pemilihan Wali Kota atau Pilwalkot Salatiga 2023.

Meski demikian, Solopos.com melihat ada banyak tokoh yang berpotensi maju sebagai calon wali kota (cawali). Para tokoh ini berasal dari berbagai kalangan baik politikus, militer maupun birokrat. Para calon ini dipilih menyusul rekam jejaknya dalam peta perpolitikan Kota Salatiga.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Berikut daftar empat tokoh yang berpotensi menjadi kandidat atau calon wali kota Salatiga pada Pilwalkot 2024 :

1. Sinoeng N. Rachmadi

calon wali kota salatiga Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng
Penjabat Wali Kota Salatiga, Sineong N. Rachmadi. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Sinoeng N. Rachmadi saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga. Ia juga disebut-sebut masuk dalam daftar kandidat yang berpotensi maju sebagai calon wali kota Salatiga.

Sinoeng lahir di Semarang pada 31 Desember 1969. Ia menjabat sebagai Pj Wali Kota Salatiga sejak tahun 2022 lalu.

Sebelum ditunjuk menjadi Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng pernah bertugas sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Kepala Satpol PP Jateng, hingga Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jateng. Ia juga pernah ditunjuk menjadi Pj Bupati Tegal pada tahun 2018 silam.

Sinoeng juga pernah diisukan bakal mencalonkan diri sebagai wali kota Salatiga pada Pilwalkot 2024 pada awal 2024 lalu. Saat itu dirinya mengaku belum terpikirkan dan akan fokus menyelesaikan tugas yang diberikan, yakni Pj Wali Kota Salatiga.

“SK saya, perintah saya, tegak lurus sebagai Pj [penjabat wali kota] dan saya akan tuntaskan itu,” ungkap Sinoeng di sela mengikuti acara pelantikan PPS di Hotel Laras Asri Salatiga, Selasa (24/1/2023).

2. Dance Ishak Palit

clon wali kota salatiga Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit. (Semarangpos.com-Nadia Lutfiana Mawarni)
Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit. (Semarangpos.com-Nadia Lutfiana Mawarni)

Dance Ishak Palit merupakan Ketua DPRD Kota Salatiga. Politikus PDIP yang lahir di Luwuk, Sulawesi Selatan, 12 Mei 1966, ini juga masuk dalam daftar kandidat potensial yang berpotensi maju sebagai calon wali kota Salatiga pada Pilwalkot Salatiga 2024.

Dance pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota Salatiga pada Pilwalkot 2017. Kala itu, Dance berpasangan dengan mantan Sekda Kota Salatiga, Agus Rudianto.

Kendati demikian, saat ini pasangan Dance-Agus Rudianto kalah melawan pasangan incumbent Yulianto-Muh Haris.

3. Kolonel Marinir Haryono Masturi

Kolonel Marinir Haryono Masturi disebut-sebut sebagai salah satu putra daerah Salatiga yang berpotensi maju sebagai calon wali kota pada Pilwalkot 2024. Haryono saat ini masih menjabat sebagai Komandan Lanal (Danlanal) Semarang.

Haryono tercatat sebagai lulusan Akabri Laut Korps Marinir pada tahun 1998 mendapat gelar S1 Terapan. Kedekatan berdasarkan Kota kelahiran membuat pria yang lahir pada 2 Maret 1977 itu menjadi salah satu calon potensial yang maju dalam Pilwakot Salatiga 2024 mendatang.

4. Muhammad Haris

calon wali kota salatiga PKS Jateng Anies Baswedan Muhammad Haris disambut komisioner KPU Salatiga Syaemuri saat mendaftar menjadi peserta Pilkada 2017, Kamis (22/9/2016). (Facebook.com-PKS Salatiga)
Ketua PKS Jateng, Muhammad Haris. (Facebook.com-PKS Salatiga)

Muh Haris disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang berpotensi maju sebagai calon wali kota pada Pilwalkot Salatiga. Peluang dirinya maju sebagai orang nomor satu di Salatiga terbilang besar.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Salatiga dua periode, yakni 2011-2016 dan 2017-2022. Dengan demikian, ia pun sudah dikenal oleh masyaraat di Salatiga.

Meski demikian, pria kelahiran Pacitan, 6 Februari 1966 ini hingga kini belum menunjukkan keinginan untuk maju sebagai Wali Kota Salatiga. Alih-alih maju dalam Pilwakot Salatiga, Haris justru telah mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI Dapil 1 Jateng yang meliputi daerah pemilihan Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga.

5. Titik Kirnaningsih

Satu lagi kandidat yang masuk daftar potensial sebagai calon wali kota Salatiga, yakni Titik Kirnaningsih. Ia menjadi satu-satunya perempuan yang digadang-gadang maju dalam Pilwalkot Salatiga 2024.

Titik merupakan istri Wali Kota Salatiga dua periode, Yuliyanto. Pengalaman suaminya yang memimpin Salatiga selama dua periode, membuat Titik berpotensi melanjutkan kepemimpinannya.

Demikian daftar tokoh di Salatiga yang berpotensi maju sebagai calon wali kota pada Pilwalkot 2024. Hingga kini, belum ada satu pun tokoh yang mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon wali kota Salatiga pada Pilwalkot Salatiga yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya