SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Solopos.com, SEMARANG – Bursa calon gubernur Jawa Tengah (cagub Jateng) pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2024 kembali ramai diperbincangkan. Hal ini menyusul keputusan sejumlah partai politik (parpol) yang telah menyatakan sikap dukungannya pada Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024.

Sejumlah partai politik, seperti Partai Gerindra dan Partai Demokrat telah memutuskan untuk mengusung calon petahana, Khofifah Indar Parawansa, kembali maju sebagai cagub pada Pilgub Jatim 2024. Kendati demikian, sikap berbeda justru terjadi di Jateng.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Hingga kini, kedua parpol itu belum menyatakan sikap dan dukungannya untuk Pilgub Jateng 2024. Meski demikian, sudah ada beberapa tokoh yang saat ini telah masuk dalam bursa cagub Jateng 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, salah satu nama yang baru-baru ini santer disebut-sebut berpotensi maju ke Pilgub 2024 Jateng, yakni Juliyatmono. Selain dikenal sebagai mantan bupati Karanganyar, Juliyatmono juga tercatat sebagai caleg DPR RI asal Partai Golkar.

Informasi Juliyatmono masuk dalam bursa disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani, pada 22 November lalu. Kala itu, DPP Partai Golkar telah menetapkan Sekretaris DPD I Partai Golkar Jateng, yang juga mantaan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, masuk dalam bursa cagub Jateng 2024.

Jauh sebelum muncul Juliyatmono ke dalam bursa Cagub 2024 Jateng, nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebenarnya juga masuk dalam bursa cagub tersebut. Namun belakangan, Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres mendampingi capres Prabowo Subianto.

Sementara itu, nama Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, juga sempat masuk dalam bursa cagub Jateng 2024. Meski demikian, PDIP selaku partai yang mengusung Kusdinar Untung Yuni Sukowati hingga kini belum memutuskan atau mengumumkan tokoh yang akan diusung dalam Pilgub Jateng 2024.

Informasi yang dihimpun Solopos.com di internal PDIP sudah ada nama-nama yang masuk dalam bursa cagub. Nama-nama itu antara lain Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau yang karib disapa Jekek, dan mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi).

Di luar nama itu, juga terdapat Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng), Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Ia belakangan masuk dalam radar bursa Pilgub Jateng 2024. Bambang Pacul disebut-sebut bakal maju atau mencalonkan diri sebagai cagub Jateng 2024.

Tokoh politik selanjutnya yang masuk bursa Cagub 2024 Jateng, yakni Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jateng, Kiai Haji M. Yusuf Chudlori, atau yang karib disapa Gus Yusuf. Ia pun mengaku siap maju sebagai cagub Jateng 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya