SOLOPOS.COM - Ilustrasi tentang pemilihan umum sebagai sirkulasi kekuasaan. (Perludem.org)

Solopos.com, SEMARANG — Sejumlah politikus di Jateng berpotensi besar masuk dalam bursa calon gubernur (Cagub) 2024. Dari sejumlah nama tersebut, politikus asal Soloraya terbilang mendominasi untuk sementara waktu.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, salah satu nama yang baru-baru ini santer disebut-sebut berpotensi maju ke Pilgub 2024 Jateng, yakni Juliyatmono. Selain dikenal sebagai mantan bupati Karanganyar, Juliyatmono juga tercatat sebagai caleg DPR RI asal Partai Golkar.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Informasi Juliyatmono masuk dalam bursa disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani, Rabu (22/11/2023) malam. Sehari sebelumnya, DPP Partai Golkar menetapkan Sekretaris DPD I Partai Golkar Jawa Tengah yang juga mantan Bupati Karanganyar Juliyatmono masuk dalam bursa sebagai cagub Jawa Tengah.

Jauh sebelum muncul Juliyatmono ke dalam bursa Cagub 2024 Jateng, nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebenarnya juga masuk dalam bursa cagub tersebut. Namun belakangan, Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres mendampingi capres Prabowo Subianto.

Politikus asal Soloraya lainnya yang diisukan masuk dalam bursa Cagub 2024 di Jateng, yakni Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Pada suatu kesempatan, Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sragen, Suparno, menilai Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati memiliki potensi jadi calon Gubernur Jateng di 2024.

“Menurut saya, Mbak Yuni itu potensial [jadi calon gubernur]. Potensi itu diukur dari prestasinya selama dua periode menjabat Bupati Sragen,” kata Suparno yang juga Ketua DPRD Sragen saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/2/2023).

Informasi yang dihimpun Solopos.com di internal PDIP sudah ada nama-nama yang masuk dalam bursa cagub. Hal itu seperti Bupati Wonogiri, Joko Sutopo dan mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Pribadi (Hendi).

Di luar nama itu, juga terdapat Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng), Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Ia belakangan masuk dalam radar bursa Pilgub Jateng 2024. Bambang Pacul disebut-sebut bakal maju atau mencalonkan diri sebagai calon gubernur (cagub) Jateng.

Menanggapi kabar tersebut, Bambang Pacul pun tidak mau berkomentar panjang lebar. Meski demikian, ia pun siap maju sebagai cagub Jateng selama hal itu atas perintah Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Kalau saya diizinkan [Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri]. Tapi, itulah Ketum [bergantung keputusannya],” ujar Bambang Pacul seusai menggelar apel siaga kemenangan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo, di Pantai Marhaen atau Kantor DPD PDIP Jateng, Kota Semarang, Kamis (24/8/2023).

Tokoh politik selanjutnya yang masuk bursa Cagub 2024 Jateng, yakni Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jateng, Kiai Haji M. Yusuf Chudlori (Gus Yusuf). Ia pun mengaku siap bila diusulkan maju sebagai calon gubernur Jateng 2024.

Hal itu merespons pernyataan sikap pengurus PKB Jateng yang mengaku kompak dan siap all out memenangkan Gus Yusuf di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Ketua DPW PKB Jateng, Gus Yusuf, mengatakan tak masalah bila namanya dicalonkan atau tidak. Pada intinya, PKB siap memenangi kompetisi politik 2024 mendatang.

“Masuk bursa ya monggo, dimasukkan tidak apa-apa,” kata Gus Yusuf, Selasa (7/2/2023).

Demikian informasi sejumlah nama politikus yang berpotensi besar masuk dalam bursa Cagub 2024 di Jateng. Dalam perkembangannya, dimungkinkan masih ada nama lain yang juga berpotensi masuk dalam bursa Cagub 2024 Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya