SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo tiba di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023) untuk melakukan kunjungan kerja. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Solopos.com, SALATIGA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menggelar kunjungan kerja ke Terminal Tingkir Kota Salatiga Jawa Tengah (Jateng), Rabu (13/12/2023) sore. Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, dalam rangka peresmian Terminal Tipe A Tingkir.

Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyambut Presiden Jokowi. Salah satunya adalah rekayasa arus lalulintas yang akan diberlakukan oleh Satlantas Polres Salatiga.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Suci Nugraheni mengatakan untuk mendukung kelancaran arus lalulintas kunjungan Presiden Jokowi sejumlah ruas jalan diberlakukan rekayasa.

“Sesuai agenda kunjungan RI 1 benar akan ada pengalihan arus menuju Terminal Tingkir. Sedikitnya empat jalur akan disterilkan untuk memastikan kedatangan Pak Jokowi lancar,” terangnya, Rabu (13/12/2023).

Mengingat lokasi Terminal Tingkir yang berdekatan dengan Exit Tol Tingkir, kata AKP Suci, pihaknya akan melakukan pengalihan sejumlah kendaraan besar seperti truk dan bus yang keluar dari Exit Tol.

AKP Suci menerangkan, ruas jalan yang terdampak pengalihan arus mulai Jalan Soekarno-Hatta dari arah Boyolali menuju Kecamatan Tengaran sampai pertigaan Cebongan di alihkan menuju Jalan Lingkar Salatiga (JLS).

Selain itu, arus lalulintas dari JLS di pertigaan Cebongan dialihkan ke kanan menuju Senjoyo atau melewati jalan Tegal Waton.

“Kemudian, arus lalulintas dari arah Kota Salatiga yang menunju Exit Tol Tingkir lurus menuju ke Tengaran juga sebaliknya,” katanya.

Selanjutnya, pada saat Presiden Jokowi, sudah di lokasi, arus lalulintas dari exit tol tingkir di perempatan karang balong belok kanan arah isep-isep dijadikan putar balik.

“Pengaturan arus lalulintas dimulai pukul 16.00 WIB. Untuk kendaraan besar truk dan bus yang menuju exit tol sementara juga dialihkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari menyebut, pihaknya akan menyiagakan anggota sejumlah 438 personil Polres Salatiga.

Mereka akan ditugaskan dalam pengamanan, baik di lokasi kegiatan maupun penggal-penggal jalan untuk memastikan situasi aman dan kondusif.

“Kita pastikan selama kunjungan Presiden di Kota Salatiga dapat berjalan aman, lancar dan kondusif, serta kami harapkan agar aktifitas masyarakat tidak terganggu,” tandas Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya