SOLOPOS.COM - Lukisan tentang Ratu Kalinyamat dengan latar belakang suasana di pelabuhan. (Istimewa/historyofcirebon.id)

Solopos.com, JEPARA — Kabupaten Jepara kini memiliki tiga pahlawan nasional. Generasi penerus bangsa diminta meneladani ketiga pahlawan tersebut.

Dua pahlawan nasional asal Jepara yang sudah ditetapkan, yakni dr. Cipto Mangunkusumo dan pahlawan emansipasi wanita, RA Kartini. Yang terbaru, pemerintah Indonesia baru saja menetapkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional berdasarkan surat Sekretaris Militer Presiden, Kementerian Sekretariat Negara RI Nomor R-09/KSN/SM/GT.02.00/11/2023 tertanggal 3 November 2023.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, mengatakan pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional membutuhkan perjuangan dan waktu yang lama. Pada awal diusulkan tahun 2007 belum membuahkan hasil. Kemudian tahun 2018 dilakukan riset kembali.

Dalam rangka mensyukuri penetapan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional, Pemkab Jepara berencana melakukan pawai penyambutan kedatangan rombongan yang menghadiri penetapan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan pulang ke Jepara hingga Pendopo Kabupaten Jepara. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian terbuka untuk umum.

Ratu Kalinyamat atau Ratna Kencana merupakan putri Pangeran Trenggana dan cucu Raden Patah, Sultan Demak pertama. Setelah suaminya meninggal, Ratu Kalinyamat menggantikan Pangeran Hadiri sebagai raja di Jepara.

Selama masa kekuasaannya, Jepara semakin berkembang menjadi bandar terbesar di Pantai Utara Jawa dan memiliki armada laut yang besar serta kuat. Berkat kepemimpinannya, Jepara juga menjadi kerajaan bahari dan rakyatnya hidup dengan mengandalkan hasil laut sebagai sumber mata pencaharian utama.

Edy Supriyanta mengatakan jika sebelumnya berjuang harus mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, maka sekarang perjuangan perlu terus dilakukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dengan dukungan fasilitas yang sangat lengkap untuk memajukan Kabupaten Jepara menjadi lebih baik.

“Dengan demikian Kabupaten Jepara memiliki dua perempuan pahlawan. Kami meminta generasi muda di Kabupaten Jepara, khususnya perempuan untuk mengejar cita-cita setinggi-tingginya serta tangguh dan tak kenal menyerah, seperti sosok dua perempuan pahlawan dari Jepara,” ujarnya seperti dikutip dari Antara, Jumat (10/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya