SOLOPOS.COM - Kepala Kanim Kelas I TPI Semarang Guntur Sahat Hamonangan (Solopos.com/Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANGKantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang akan pindah ke kawasan Tugu, Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang. Pembangunan kantor baru ini akan menelan anggaran hingga puluhan miliar.

Kepala Kantor Imigrasi Semarang Guntur Sahat Hamonangan, pembangunan kantor baru itu akan dimulai pada 2024 mendatang. Anggarannya mencapai Rp 68 miliar.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Kami telah menyiapkan pembangunan relokasi kantor yang baru. Nantinya, yang baru berada di Jalan Tugu, dekat taman lele. Anggaraanya sekitar Rp 68 miliar dan akan dimulai pada tahun 2024, dan akhir tahun selasai,” katanya kepada wartawan, Kamis (14/12/2023).

Guntur menjelaskan, pemindahan kantor ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, kantor Imigrasi Semarang yang terletak di Krapyak berukuran kecil dan kurang maksimal untuk melayani masyarakat.

“Di sini ‘kan kantornya kecil, terutama untuk lahan parkirnya sedikit sekali. Jadi kurang nyaman untuk masyarakat, terutama untuk parkiran kendarannya,” jelasnya.

Nantinya, kantor baru di Tugu tersebut akan berdiri di lahan seluas 22.000 meter persegi atau dua hektare. Lahan parkirannyan pun sangat luas bisa menampung ratusan kendaraan.

“Kalau di sini parkirnya hanya bisa 20 kendaraan, kalau di kantor baru parkir kendaraan bisa mencapai 400 unit,” sebutnya.

Apalagi, lanjutnya, pada 2023 ini pihaknya mengalami peningkatan dalam pelayanan paspor. Sepanjang 2023 ada 73.118 layanan paspor. Menurutnya, angka tersebut merupakan capaian yang sangat bagus.

“Paling banyak tetap berasal dari Semarang, kalau layanan di Grobogan paling kami buka kuota 50 sehari itu hanya 30, meskipun di hari hari tertentu tetap penuh,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya