SOLOPOS.COM - Ilustrasi kehujanan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Jadwal kapan musim hujan 2023 di wilayah Jawa Tengah banyak bikin penasaran masyarakat lantaran banyak terjadi kekeringan dan kebakaran hutan di berbagai daerah.

Kasus kekeringan akibat kemarau yang cukup panjang di Jawa Tengah terjadi di Demak, terutama di Kecamatan Bonang. Kasus kebakaran lahan juga terjadi di berbagai titik di Jawa Tengah, salah satunya di lereng Gunung Sumbing beberapa waktu lalu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, akibat kemarau juga memperparah kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jawa Tengah, seperti di Putri Cempo di Solo, Jatibarang di Semarang, hingga Tpa Pesalakan di Pemalang.

Hal ini membuat masyarakat bertanya-tanya kapan sih jadwal musim hujan 2023 di Jawa Tengah?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Tengah memperkirakan awal musim hujan di provinsi ini akan mundur satu hingga tiga dasarian. Diperkirakan, wilayah Jateng pada umumnya, akan memasuki musim hujan pada November 2023.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jateng Sukasno. Menurutnya, awal musim hujan tahun ini dipengaruhi oleh kondisi El Nino. Ia menjelaskan, awal musim hujan di Jateng berbeda-beda antara kabupaten/ kota di Jateng, tergantung topografi wilayah masing-masing.

“Awal musim hujan 2023-2024 diperkirakan BMKG hadir di bulan Oktober, November, dan Desember. Namun, sebagian besar (wilayah) pada November. Rerata Awal musim hujan ini ada yang mundur satu dasarian (10 hari) sampai tiga dasarian (satu bulan),” ujarnya, dilansir laman resmi Pemprov Jateng.

Terkait jadwal musim hujan 2023 di berbagai daerah di Jawa Tengah, diperkirakan Kabupaten Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara memasuki musim penghujan pada awal Oktober 2023.

Selain tiga wilayah tersebut, Kabupaten Wonosobo, Cilacap dan Temanggung, kemudian Kabupaten Pemalang, Pekalongan dan Batang bagian selatan, Kabupaten Kebumen bagian utara, wilayah barat laut Kabupaten Purworejo, sebagian wilayah selatan Kabupaten Brebes dan Tegal, sebagian wilayah barat daya Kabupaten Kendal, sebagian kecil wilayah Kabupaten Magelang, akan mengalami musim hujan pada awal Oktober 2023.

Adapun wilayah yang diperkirakan mengalami awal musim hujan pada November 2023 adalah, Kota Semarang, Salatiga, Solo dan Magelang, Kabupaten Demak, Kudus, Blora, Grobogan, Semarang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar dan Wonogiri, sebagian besar wilayah Kabupaten Kendal, Jepara dan Magelang. Kemudian sebagian wilayah Kabupaten Cilacap, Purworejo, Tegal, Brebes, Pati, dan Rembang, wilayah tengah Kabupaten Pemalang dan Pekalongan, Kabupaten Batang bagian utara, sebagian kecil wilayah Kabupaten Wonosobo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya