SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kota Salatiga Yesaya Tiluata (dua kiri) dan Ketua Bawaslu Salatiga Dayusman Junus (kanan) saat menerima surat suara Rabu (20/12/2023). (Istimewa/KPU Kota Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga telah menerima sebanyak 149.514 surat suara DPR RI Pemilu 2024 yang terbagi dalam 300 dus. Surat suara tersebut tiba di gudang penyimpanan alat pemungutan suara KPU pada Rabu (20/12/2023).

Ketua KPU Kota Salatiga Yesaya Tiluata mengatakan, sejauh ini baru surat suara dari DPR RI yang sudah datang. Sementara untuk surat suara lainnya menyusul pada akhir bulan Desember ini sampai awal Januari 2024.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Kotak suara dan bilik suara sejauh ini belum dirakit, karena menunggu arahan dari KPU Provinsi. Karena suhu udara saat yang akan mulai masuk musim penghujan. Sehingga kemungkinan akan dirakit pada bulan Januari 2024,” terang Yesaya kepada Solopos.com, seusai jalan sehat sukses pemilu, Jumat (22/12/2023).

Untuk persiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), kata Yesaya, saat ini jumlah yang dibutuhkan KPU Kota Salatiga sudah terpenuhi. Namun saat ini masih dalam proses seleksi administrasi.

“Pendaftaran KPPS sudah terpenuhi, 4.604 pendaftaran. Jadi ada kelebihan orang dan masih bisa bertambah. Nanti akan diseleksi secara administrasi dan kesehatan, kemudian akan diambil 4.564 orang untuk ditetapkan sebagai KPPS,” jelas Yesaya.

Selain persiapan secara tahapan pemilu, kata Yesaya, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya pemilu serentak 2024. Salah satunya adalah menyelenggarakan kegiatan jalan santai.

“Sosialisasi akan terus kita lakukan dalam bentuk dan berbagai kegiatan. Seperti rapat, sosialisasi, seminar, dan kegiatan secara langsung melibatkan masyarakat dengan jalan sehat di ruang terbuka,” kata Yesaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya