SOLOPOS.COM - Suasana Pantai Ngebum, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), dipadati ribuan wisatawan pada Jumat (12/4/2024) sore. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, KENDAL – Objek wisata Pantai Ngebum, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), dipadati ribuan wisatawan selama momen libur Lebaran 2024. Bahkan, di antara wisatawan itu ada yang sengaja berkunjung dari luar Jawa.

Pantauan Solopos.com, Pantai Ngebum selalu ramai dari jam 06.00 WIB hingga jam 18.00 WIB atau menjelanh tutup. Rata-rata, wisatawan yang datang merupakan rombongan keluarga.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kedatangan mereka pun juga satu tujuan, yakni bermain air di pantai dan menikmati pemandangan sekitar.

Tak lupa sembari berburu kuliner andalan berupa oyster atau tiram bakar hingga telur mimi yang menjadi masakan khas Kendal saat bulan Ramadan.

Salah seorang pengunjung, Rina, memang sengaja jauh-jauh datang ke Pantai Ngebum dari Provinsi Riau, Kepulauan Sumatra. Perempuan usia 42 tahun itu datang bersama lima orang keluarganya.

“Iya, lagi mudik ke Kaliwungu, terus pengen wisata sini [Pantai Ngebum]. Soalnya kalau di rumah [Riau] jauh dari pantai,” kata Rina saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (12/4/2024) sore.

Rina mengaku sudah kali ke dua berwisata ke Pantai Ngebum Kaliwungu. Menurutnya, wisata Pantai Ngebum ini cocok dikunjungi kembali karena selain akses jalannya yang mudah, keindahan pantai dan aneka kulinernya patut untuk dinikmati berkali-kali.

“Terus harapannya kedepan kalau bisa mungkin agak dibersihkan ya, perlu perhatian memang kalau banyak wisatawan seperti ini, soalnya banyak sampah,” harapnya.

Petugas wisata Pantai Ngebum, Finna Lanah, mengatakan hingga H+2 Lebaran ini jumlah wisatawan sudah mencapai 3.000 pengunjung per hari. Angka tersebut diprediksi bakal terus naik hingga H+4 Lebaran.

“H+1 ada 1.000 pengunjung, H+2 sudah naik 3.000 pengunjung. Ini [pengunjung] bakal naik terus sampai puncaknya Minggu [H+4]. Dan tahun kemarin [2023] pas puncaknya bisa sampai 10.000 pengunjung per hari,” kata Finna.

Finna juga membenarkan bila mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngebum selama momen libur Lebaran adalah pemudik dari luar Kabupaten Kendal. Di antaranya ada Magelang, Salatiga, Batang, Kota Semarang, Demak dan Surabaya.

“Luar Jawa juga ada, seperti Sumatra, Kalimantan, terus Sulawesi,” tutupnya.

Sekadar informasi, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 untuk biaya masuk ke kawasan objek wisata Pantai Ngebum Kaliwungu.

Adapun hiburan dan fasilitas yang disediakan berupa full karaoke, gazebo, musala, toilet, free wifi, dan spot foto menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya