SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Tengah (Jateng), mencatat ada sejumlah hotel di 35 kabupaten/kota yang okupansinya sudah mencapai 100%. Seperti sejumlah hotel di Guci Tegal, Tawangmangu, dan Bandungan. Hal ini terjadi tak lain karena banyaknya masyarakat yang ingin merayakan pergantian Tahun Baru 2024.

Hal tersebut diungkapkan Ketua GIPI Jateng, Benk Mintosih, kepada Solopos.com, Selasa (26/12/2023). Ia mengatakan banyak yang sudah memesan kamar hotel jauh-jauh hari sebelum perayaan malam pergantian tahun 2024.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Ada beberapa yang 100%. Nah biasanya, sisanya yang belum (100%) itu beberapa menit jelang tahun baru sudah full semua,” terang Benk.

Benk menambahkan, mayoritas hotel yang sudah penuh itu berada di kawasan objek wisata. Di antaranya ada di Kabupaten Tegal, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Semarang.

“Guci (Tegal), Tawangmangu (Karanganyar), terus Bandungan (Semarang) tahun barunya sudah banyak yang dipesan,” bebernya.

Menurut Benk, animo masyarakat yang tinggi menjelang pergantian tahun 2024 ini juga tak terlepas dari bertambahnya destinasi wisata baru di Jateng. Seperti halnya di Kota Solo yang memiliki dua magnet wisata baru berupa Masjid Sheikh Zayed dan kebun binatang Solo Safari.

“Dan kepada pengelola objek wisata baik kolam renang entah wahana mainan lainya, aspek keselamatan harus dikedepankan. Check and recheck by management. Tetap harus ada senior in charge setiap hari walau libur. Kemudian masyarakat sebaiknya tetap antisipasi jika naik kendaraan, misalnya macet panjang. Terus bawa bekal obat yang punya penyakit bawaan atau bawa lain-lainya yang sekiranya dibutuhkan dalam perjalanan,” imbaunya.

Terpisah, Marketing dan Branding Manager Harris Hotel Sentraland Semarang, Azkar Rizal Muhammad, mengaku sudah menyiapkan berbagai promo dan event menarik untuk menggaet masyarakat menginap di hotelnya. Tercatat, saat ini okupansi jelang malam tahun baru 2024 di Hotel Harris sudah mencapai 75%.

“Kita ada pesta malam tahun baru dengan tema Jungle bertajuk The Roaring Midnight di harga Rp388.000 termasuk All You Can Eat Dinner, pertunjukan kembang api, full band live music performance, DJ performance, animal photo corner, photo booth 360, lucky draw, dan fun games. Kemudian kami prakirakan, okupansinya akan menyentuh 95% ke atas dalam minggu ini,” tutup Azkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya