SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik Lebaran. (Ilustrasi/Solopos Dok).

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng menyiapkan 229 unit bus untuk program Mudik Gratis 2024. Ratusan bus itu akan diberangkatkan dari dua lokasi yakni Bandung dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 6 April mendatang.

Pelaksana Harian (Plh) Dishub Jateng, Erry Derima, mengatakan untuk melayani perantau asal Jateng yang akan mudik dari Bandung, pihaknya menyediakan 15 bus. Sementara untuk program mudik gratis dari Jakarta disediakan 214 bus.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Semuanya [jadwal keberangkatan] sama, tanggal 6 April. Tapi jamnya berbeda-beda, kalau dari Bandung berangkat pukul 17.00 WIB, sedangkan dari TMI pukul 10.00 WIB,” ujar Erry kepada Solopos.com, Rabu (6/3/2024).

Erry menambahkan pendaftaran program Mudik Gratis Jateng 2024 telah dibuka mulai Rabu ini. Masyarakat Jateng yang berminat mengikuti mudik gratis bisa mendaftar secara daring maupun luring.

Pendaftaran secara daring bisa diakses melalui www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id. Kemudian, pendaftar diminta untuk mengunggah dokumen seperti KTP/KIA, KK, dan bukti pendukung lainnya. Bagi pendaftar disabilitas, langsung datangi Kantor Badan Penghubung Jateng di Jl Dharmawangsa VIII No 26 Kebayoran Baru.

Selain itu, pendaftaran secara luring juga bisa dilakukan melalui paguyuban warga Jateng di Jakarta dan kantor cabang Bank Jateng di Jakarta.

Erry menmbahkan daerah tujuan mudik gratis ini menjangkau seluruh wilayah atau 35 kabupaten/kota di Jateng. Program Mudik Gratis 2024 ini dikhususkan bagi warga Jateng berpenghasilan rendah yang merantau di wilayah Jabodetabek maupun Bandung.

Selain bus, mudik gratis juga bisa dilakukan melalui jalur kereta api. Ada sekitar 16 gerbong kereta apik yang disediakan untuk program ini.

“Untuk mudik gratis kereta api keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Semarang Tawang. Keberangkatannya pada 7 April 2024 mulai pukul 12.50 WIB dan 16.50 WIB,” ujar Erry.

Erry pun berharap program Mudik Gratis 2024 ini bisa benar-benar dimanfaatkan warga Jateng yang berada di peratauan. Mereka pun tidak perlu bersusah payah mengendarai kendaraan bermotor untuk kembali ke kampung halamannya.

“Mudik gratis ini semoga dimanfaatkan masyarakat yang merantau di Jakarta, khususnya bagi mereka yang bekerja di sektor informal. Jadi tak perlu pakai motor, karena tak disarankan dan bisa membahayakan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya