SOLOPOS.COM - Tim gabungan saat membersihkan APK menggunakan mobil crane di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) Minggu (11/2/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG – Tim gabungan dari Satpol PP, Bawaslu, Dishub, dan dinas terkait mulai membersihkan alat peraga kampanye (APK) di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (11/2/2024). Hari Minggu ini merupakan hari pertama memasuki hari tenang Pemilu 2024.

Pembersihan APK itu dilakukan mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran sangat besar. Selain menggunakan peralatan manual, dalam pembersihan itu, tim gabungan juga menerjunkan kendaraan crane untuk mencopot APK yang dipasang di billboard.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar (Poldam) Kabupaten Semarang, Anang Sukoco, menjelaskan Satpol PP Dinas Poldam sendiri menurunkan total 40 personel untuk melakukan pembersihan APK di tiga titik di Kabupaten Semarang.

“Satpol PP menurunkan 40 personel, Dishub juga ada 15 personel, lalu Polres Semarang ada 10 personel, dan dari Bawaslu dan KPU Kabupaten Semarang ini sesuai ranah keduanya baik dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Semarang, lalu dari Pemkab Semarang ada dari Kesbangpol dan Diskominfo juga ikut dalam pembersihan APK hari ini,” katanya, Minggu.

Dia mengatakan, pembersihan APK ini diupayakan selesai hari ini. Selanjutnya pada besok hari akan dilakukan penyisiran-penyisiran APK. Hal itu sudah disesuaikan dengan jadwal dari Bawaslu Kabupaten Semarang.

“Besok tinggal penyisiran-penyisiran APK saja. Jadi memang dimaksimalkan hari ini sampai jam berapapun nanti,” kata Anang.

Sementara itu, diungkapkan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Semarang, Agus Riyanto, bahwa masa kampanye sudah berakhir kemarin, tepatnya Sabtu (10/2/2024). Saat ini memasuki masa tenang jelang pemungutan suara pada 14 Februari besok.

“Dan ini sesuai ketentuan di masa tenang, seluruh APK harus dibersihkan, baik di jalan-jalan protokol, sampai di tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang,” bebernya.

Menurut Agus Riyanto, dengan adanya beberapa tim tersebut seluruh APK yang ada di Kabupaten Semarang bisa dibersihkan secara serentak.

“Apapun jenis APK-nya, baik itu imbauan dan lainnya, selama itu mengandung citra diri kita bersihkan semuanya hari ini. Termasuk branding-branding di mobil, stiker juga kami bersihkan hari ini,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya