SOLOPOS.COM - Kepala Disdikbud Jateng, Uswatun Hasanah. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Ratusan pelajar di salah satu SMK negeri di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), menggelar aksi unjuk rasa di halaman Sekolahnya. Aksi protes itu menyuarakan agar kepala sekolah (kasek) berinisial S itu mundur dari jabatannya.

Informasi yang diterima Solopos.com, aksi para pelajar itu dilakukan seusai upacara bendera pada Senin (20/11/2023) lalu. Mereka menyebut kaseknya merupakan sosok yang otoriter, arogan, dan mau menang sendiri.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Adapun potongan-potongan video memperlihatkan para siswa satu per satu menyuarakan penolakan kebijakan dari sekolah. Selain itu, tampak banner protes terpampang di sudut sekolah dengan bertuliskan Kami Siswa Bukan Napi, Angkat Kaki Silakan Pergi, dan Kami Butuh Pemimpin Bukan Penguasa.

“Kepala sekolah di mana ini? Kegiatan upacara bendera setiap Senin tidak pernah ada. Saat turmanen futsal, biayanya dipotong [oleh kasek],” seru salah seorang siswa di video.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah, membenarkan terkait informasi tersebut. Pihaknya saat ini telah mengambil langkah tegas untuk tetap menjaga situasi pembelajaran di SMKN tersebut berjalan kondusif.

“Melalui cabang dinas, kami melakukan pembinaan pada kasek dan segenap jajaran. Saat ini kasek sedang dalam tahap pembinaan,” kata Uswatun kepada Solopos.com, Jumat (24/11/2023).

Uswatun juga meminta kepada tiap murid agar belajar untuk bersikap lebih bijak dan dewasa dalam menghadapi tiap persoalan. Pihaknya mengingatkan para siswa maupun siwi untuk tidak mudah terprovokasi.

“Agar tetap kondusif, murid harus selalu mengutamakan kerukunan di sekolah,” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya