SOLOPOS.COM - Petugas memperbaiki lampu PJU di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. (Antara/Humas Kota Pekalongan)

Solopos.com, PEKALONGAN-Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama Januari 2023 hingga akhir November 2023 telah melakukan perbaikan sekitar 13.000 lampu PJU yang mengalami kerusakan di 1.182 lokasi.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Soesilo di Pekalongan, Rabu (29/11/2023), mengatakan belasan ribu lampu penerangan jalan umum (PJU) yang kini sudah diperbaiki tersebut sebagian besar berdasar laporan atau aduan masyarakat.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Ya ada sekitar 13.000 lampu penerangan jalan umum yang rusak yang tersebar di 1.182 titik itu. Akan tetapi, kini kondisi lampu PJU sudah menyala setelah dilakukan perbaikan,” katanya dikutip dari Antara pada Kamis (30/11/2023).

Didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas Pekalongan Mohammad Karmani, dia mengatakan rata-rata ada 8 laporan per hari dari masyarakat terkait adanya kerusakan lampu PJU.

Berdasar laporan tersebut, kata dia, pihaknya melakukan penanganan 2×24 jam terhadap kerusakan lampu PJU tersebut, kecuali hari Sabtu dan Minggu.

“Perbaikan-perbaikan lampu PJU memang terus kami lakukan sebagai upaya memberikan kenyamanan lingkungan warga maupun para pengguna jalan,” katanya.

Menurutnya sebagian besar kerusakan lampu PJU itu karena faktor usia lampu, cuaca dan sejumlah warga yang memanfaatkan jaringan listrik PJU untuk keperluan lain.

Adapun mekanisme perbaikan lampu PJU di Pekalongan itu, kata dia, ada 2 yaitu monitoring oleh petugas setiap hari yang berkeliling ke lokasi yang telah ditentukan kemudian hasilnya dilaksanakan perbaikan pada esok harinya, serta laporan masyarakat yang masuk ke kanal aduan PJU.

“Kami berharap masyarakat bisa melaporkan kerusakan lampu PJU melalui aplikasi Wadul Aladin, Lapor Gub, atau WhatsApp PJU Kota Pekalongan di nomor 0895-2414-1616 dengan disertai foto agar memudahkan pencarian titik perbaikan lampu PJU,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya