SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil menerobos genangan. (dok)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK) Jawa Tengah (Jateng), telah memetakan ruas jalan milik provinsi yang rawan bencana banjir saat arus mudik Lebaran 2024. Mayoritas, ruas jalan rawan bencana banjir tersebut tersebar di kabupaten/kota yang berada di jalur pantai utara atau Pantura.

Kepala DPU BMCK Jateng, A.R. Hanung Triyono, mengatakan hampir seluruh ruas jalan nasional hingga provinsi di jalur Pantura rawan banjir. Sementara ruas jalan di jalur pantai selatan (pansela) yang rawan banjir terletak di jalur Cilacap-Banyumas-Purworejo.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Kami sudah petakan [ruas jalan provinsi di Jateng yang rawan banjir]. Tapi semoga saja saat mudik Lebaran nanti cuaca tidak ekstrem dan tidak ada tanggul jebol lagi,” harap Hanung saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (25/3/2024).

Berdasarkan data yang dihimpun dari peta daerah rawan banjir DPU BMCK Jateng, untuk ruas jalan provinsi di Pantura yang terpetakan kategori sedang-tinggi rawan banjir berada di Ketanggungan-Kersana-Bantarsari, Jatibarang-Ketanggungan, batas Kabupaten Pemalang-Kebonagung, Wiradesa-Kalibening dan Kebonagung-batas Kabupaten Batang. Kemudian di Batang-Wonotunggal-Surjo, Weleri-Patean, Semarang-Godong, Tegowanu-Tanggung-Kapung dan Gubug-Kapung-Kedungjati.

Selain itu di ruas jalan Demak-Godong, Godong-Purwodadi, Purwodadi-batas Kabupaten Grobogan, Lingkar Utara Purwodadi, Purwodadi-Wirosari, Lingkar Selatan Purwodadi, Purwodadi-Geyer dan Kuwu-Galeh, Wirosari-Sulursari-Singget, Wirosari-Kunduran, Singget-Doplang-Cepu, Juwono-Todanan dan Keling-Tayu. Kemudian di Jepara-Kedungmalang-Pecengaan, Jati-Klambu, Pati-Kayen-Sukolilo, Jalan Lingkar Selatan Pati, Pati-Tayu, Gemeces-Lingkar Selatan Pati, Juwono-Todanan dan Lasem-Sale.

Sementara ruas jalan provinsi di Pansela yang terpetakan rawan banjir berada di Sidareja-Cukangleusleus, Sidareja-Karangpucung, Menganti-Kesugihan dan Buntu-Kroya-Slarang. Kemudian di Gembong-Sempor-Ketileng, Prembun-Wada Slinting, Kutoarjo-Bruno dan Kutoarjo-Ketawang.

Selain memetakan ruas jalan rawan banjir, DPU BMCK saat ini juga tengah mengebut perbaikan di sejumlah ruas jalan provinsi sepanjang 2.404.741 kilometer (km). Ruas jalan yang diperbaiki itu termasuk jalur Pantura timur, tepatnya di Demak-Jepara-Kudus yang rusak parah akibat dilanda banjir hebat.

“Semua [ruas jalan provinsi] kami pelihara dan perbaiki. PR [pekerjaan rumah] berat memang di Pantura timur, hampir 100-an kilometer jalan yang rusak. Karena cuaca masih ekstrem, ditambah masih banjir,” imbuhnya.

Kendati demikian, Hanung memastikan jika seluruh jalan provinsi Jateng sudah diperbaiki saat arus mudik Lebaran 2024 nanti. Ia menargetkan H-10 atau H-7 Lebaran seluruh jalan provinsi sudah siap digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya