SOLOPOS.COM - Salah satu destinasi wisata di Kota Semarang, Museum Kota Lama. (Dok. Solopos.com-Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SEMARANG – Museum Kota Lama Semarang dan Agrowisata Sodong yang dikenal dengan ikon Tugu Dandang di Kecamatan Mijen, Kota Semarang, bakal diberlakukan biaya masuk atau tiket retribusi setelah sebelumnya sempat gratis. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Semarang pada tahun 2024 ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso, mengatakan ketentuan tarif masuk itu sudah sesuai Peraturan Daerah (Perda). Besarannya, yakni Rp12.000 per orang untuk haari biasa dan Rp15.000 untuk akhir pekan.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Mulai tahun ini akan ada retribusi seperti di Museum Kota Lama akan berbayar, selain itu juga Agrowisata Sodong, dan objek wisata lainnya yang sebelumnya gratis, besarannya sesuai Perda hampir sama,” kata Wing, Jumat (5/1/2024).

Ia menjelaskan, target capaian retribusi Disbudpar di sejumlah objek wisata pada tahun 2023 kurang maksimal atau belum memenuhi target. Hal itu karena adanya El Nino yang membuat pengunjung wisata seperti Taman Lele dan Goa Kreo berkurang.

“Tahun 2023 lalu menggembirakan, baru 85 persen, dari target yang ada,” sebutnya.

Untuk itu, demi menggenjot tercapainya target retribusi tahun 2024, pihaknya sudah melakukan perbaikan dan kemudahan-kemudahan di sejumlah objek wisata, yakni dengan menerapkan pembayaran non tunai.

“Kita sudah lakukan penambahan fasilitas nanti kita akan berkoordinasi dengan kelompok sadar wisata setempat untuk membuat paket wisata. Khusus Agrowisata Sodong, di sana sudah dibangun bersama Dinas Pertanian,” imbuhnya.

Selain, menarik tiket masuk di sejumlah objek wisata, Disbudpar juga mengatur kenaikan retribusi sewa kios dan lahan di sejumlah objek wisata. “Perda lama ini tidak terlalu relevan, dan sudah sangat lama. Harapannya tentu bisa mendongkrak pendapatan dari retribusi pariwisata yang ada,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya