SOLOPOS.COM - Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, saat meninjau pelayanan SKCK di Mapolda Jateng, Jumat (20/10/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANGPolda Jateng memastikan jika nama Gibran Rakamubing Raka (saat ini menjabat Wali Kota Solo) belum membikin surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di mapolda setempat hingga Jumat (20/10/2023) siang.

Kendati tak ada nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), permintaan SKCK mengalami peningkatan signifikan menjelang Pemilu 2024.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Hal tersebut disampaikan Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, saat meninjau pelayanan SKCK di Mapolda Jateng, Jumat (20/10/2023). Ia memastikan, Gibran belum datang atau belum membuat SKCK untuk keperluan pendaftaran bakal calon wakil presiden (bacawapres) di hari kedua masa pendaftaran capres-cawapres ini.

“Sampai hari, belum ada Gibran daftar SKCK,” kata Kombes Pol. Satake.

Kendati tak ada nama Gibran, imbuh Kabidhumas, pelayanan SKCK mencatat ada kenaikan permintaan yang signifikan. Khususnya pada Mei hingga Juni 2023.

“Dua bulan itu ada sekitar 2.000-an permintaan pembuatan SKCK. Soalnya banyak calon legeslatif (caleg) Provinsi dan DPR RI yang ke sini [mengurus SKCK],” imbuhnya.

Saat ditanya apa perbedaan pembuatan SKCK di Polsek, Polres, dan Polda, Kabidhumas menyampaikan tidak ada bedanya. Semua setara dan sama-sama bisa diperuntukan untuk mendaftar dalam kontestasi Pemilu 2024.

Diberitakan sebelumnya, Memasuki masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendadak dikabarkan mengurus SKCK di Polda Jateng. Masa pendaftaran capres-cawapres telah dimulai sejak 19 Oktober hingga 25 Oktober 2023 mendatang

Menanggapi hal itu, Gibran menjelaskan hanya melakukan aktivitas di Balai Kota Solo dan Kantor DPRD Solo, Kamis (19/10/2023).

Golek ono aku ngurus SKCK di mana? Aku neng kene [Solo] terus. Cekken neng Polda, telponen neng Polda apa Gibran ngurus SKCK di Polda. Wis ya,” bantah Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya