SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kota Salatiga Yesaya Tiluata. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga telah melakukan pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pemilihan legislatif (pileg) hasil Pemilu 2024 beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi itu, PDIP mendapatkan 8 kursi, PKB 5 kursi, Gerindra 4 kursi, PKS 4 kursi, Partai Demokrat mendapatkan 3 kursi, dan Nasdem mendapatkan 1 kursi di DPRD Kota Salatiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPU Salatiga Yesaya Tiluata menjelaskan, pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kota ini sebagai lanjutan dari rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan ( PPK).

“Hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan [di Kota Salatiga], kita jumlahkan dan rekap lagi di tingkat kota dengan cermat, dengan melibatkan Bawaslu kota, saksi-saksi parpol dan saksi-saksi caleg. Hasil rekapitulasi tidak ada perbedaan dengan hasil di tingkat kecamatan,” jelas Yesaya saat dimintai konfirmasi, Jumat (1/3/2024).

Dia mengungkapkan dari hasil rekapitulasi tingkat KPU kota ini selanjutnya ditetapkan berita acara perolehan suara dan sertifikat perolehan hasil Pemilu 2024 Kota Salatiga.

“Setelah rekapitulasi tingkat kota ini, selanjutnya kita tetapkan dalam berita acara perolehan suara dan sertifikat perolehan suara Pemilu 2024 Kota Salatiga,” terangnya.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara tersebut, kata Yesaya, pihaknya baru masuk hasil pemilu anggota DPRD Salatiga dan perolehan suara sah dan peringkat suara sah calon anggota DPRD Salatiga.

“Jadi pleno rekapitulasi kemarin, kami belum menentukan kursi dan caleg jadi, untuk pleno penentuan kursi dan caleg jadi diagendakan setelah penetapan KPU RI, sekira akhir bulan Maret,” jelas Yesaya.

Yesaya juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Salatiga dan pihak-pihak terkait yang turut mendukung kelancaran dan keamanan dari mulai prapemungutan suara, pelaksanaan coblosan pemilu, hingga rekapitulasi tingkat kecamatan dan kota.

“Semua berjalan aman dan lancar, terima kasih kepada masyarakat Salatiga semua pihak yang turut mendukung kelancaran pemilu,” tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya