SOLOPOS.COM - Ketua DPD PSI Kota Salatiga Roy Sudiarto saat memberikan keterangan mencabut dukungan terhadap Hariyono Masturi sebagai bakal calon Wali Kota Salatiga, Senin (8/7/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Peta politik dalam pemilihan Wali Kota Salatiga semakin menarik, kali ini DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Salatiga mencabut dukungannya terhadap bakal calon Wali Kota Salatiga, Hariyono Masturi.

Padahal sebelumnya hubungan antara Hariyono dengan PSI Salatiga terlihat baik, sebab sejak awal mulai pendaftaran di sejumlah partai, PSI selalu ikut mengantarkan Hariyono.

Promosi Dapatkan Kopi Kekinian Hanya dengan Buka Tabungan Lewat Digital CS BRI

Ketua DPD PSI Salatiga, Roy Sudiarto mengaku, pihaknya mencabut dukungan itu lantaran sudah tidak satu visi dan misi.

Pihaknya tidak merinci alasan mencabut dukungannya itu. Namun ia menilai, politik memang dinamis.

“Kita tidak mau menyalahkan siapapun, intinya kita sudah mempunyai visi misi berbeda,” kata Roy kepada wartawan di Kantor DPD PSI Kota Salatiga, Senin (8/7/2024).

Roy menyebut, meskipun Kolonel Marinir Hariyono sudah memiliki surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI hal tersebut bukanlah masalah. Sebab hanya surat tugas, belum berupa rekomendasi dari DPP PSI.

Diakuinya, pasca pencabutan dukungan itu, pihaknya belum memutuskan untuk mendukung bakal calon lain.

Pihaknya akan melakukan lobi-lobi dengan bakal calon maupun partai politik lain untuk koalisi dengan menawarkan 10 ribu konstituen pada pemilihan legislatif lalu.

“Ini sangat dinamis, siapapun calon yang akan kita dukung tentunya akan ada pembicaraan secara internal terlebih dahulu,” kata Roy.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PSI Ariyanto menambahkan, sikap pencabutan itu diambil juga untuk memberikan kepastian relawan yang tergabung dalam PSI.

Selain itu, juga merupakan hasil dari komunikasi dengan relawan yang ada di bawah komando PSI.

“(Pencabutan) Ini tidak semata-mata membawa nama PSI saja, tapi bagaimana rekan-rekan relawan juga sudah berkomunikasi. Jadi bukan keputusan dari Ketua PSI Salatiga saja,” tandas Ariyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya