SOLOPOS.COM - Peraih penghargaan KIP Jateng Award 2023 saat menerima penghargaan di Hotel Patra, Kota Semarang, Kamis (21/12/2023) malam. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), memberikan penghargaan kepada 13 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) atas keterbukaan informasi kepada publik. Penghargaan itu diberikan KIP Jateng dalam acara KIP Award bertajuk Malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik yang digelar di Hotel Patra, Kota Semarang, Kamis (21/12/2023) malam.

Ketua KI Provinsi Jateng, Indra Ashoka Mahendrayana, mengatakan pada 2023 sudah melakukan pengawasan dan evaaluasi terhadap 295 badan publik di lingkungan Provinsi Jaateng. Ratusan badan publik itu mulai dari pemerintah daerah, OPD provinsi, rumah sakit, badan vertikal, hingga BUMD dan Bawaslu serta KPU.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Tahun 2023 bisa dikatakan istimewa karena kita melakukan monev [monitoring dan evaluasi] terbanyak kepada badan publik. Tahun ini juga merupakan tahun ke delapan KIP Award dengan teknik penilaian yang terus diperbarui,” kata Indra dalam sambutannya.

Indra berharap kegiatan monev tahunan ini bisa digunakan untuk mengindentifikasi dan memberikan umpan balik serta solusi kepada badan publik dalam hal memberikan keterbukaan informasi . Terlebih dalam monev tahun ini, penilaian pembaruan dan komunikasi, inovasi, dan digitalisasi data yang mendukung kinerja badan publik dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan serta ketersedian dokumen pengadaan barang dan jasa menjadi poin penting dalam penilaian keterbukaan informasi publik.

“Dengan prinsip ini, kami berharap keterbukaan informasi publik ini bisa bermanfaat luas bagi masyarakat,” harapnya.

Adapun penilaian ini dilakukan oleh KIP Jateng melalui monitoring dan evaluasi langsung yang dilakukan sejak April hingga Desember 2023 lalu. Ada berbagai macam indikator untuk melakukan penilaian seperti penilaian website, media sosial, kuisioner, hingga presentasi uji publik.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana, mengucapkan apresiasi kepada OPD Pemprov Jateng yang mendapatkan KI Provinsi Jawa Tengah Award 2023 ini. Menurutnya, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu poin penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, dan dapat mendorong partisipasi masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada Para Penerima KIP Award. Mudah-mudahan dapat memacu kinerja saudara semua dalam pelayanan informasi publik di instansi masing-masing. Sehingga semakin informatif dari waktu ke waktu,” harap Nana.

Sementara itu 13 SKPD atau OPD yaang meriah penghargaan KIP Award 2023 itu yakni Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdik), Dinas Perhubungan (Dishub), Sekretariat Daerah (Setda), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Kemudian Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Dinas Sosial (Dinsos), Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda), Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya