SOLOPOS.COM - Kampus UIN Salatiga Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga siap menerima 3.479 mahasiswa baru (maba) tingkat strata-1 atau S1 pada tahun akademik 2024/2025. Sejumlah prodi baru non-keagamaan/umum pun telah disiapkan UIN Salatiga untuk menampung mahasiswa baru antara lain Prodi Bisnis Digital.

Total ada empat prodi umum yang dibuka UIN pada tahun akademi 2024/2025. Selain Bisnis Digital, prodi baru lainnya adalah Sains Data, Teknologi Informasi, dan Perpustakaan dan Sains Informasi.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy, mengatakan dengan semakin variatif prodi yang telah dibuka, UIN Salatiga mengajak masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di kampus yang dipimpinnya.

“Saya mengajak seluruh orang tua agar bisa mendaftarkan putra/putrinya di UIN Salatiga. Setelah beralih status menjadi universitas, pilihan program studi di UIN Salatiga makin beragam. Tahun ini sudah ada empat prodi baru di bidang sains dan teknologi. Insyaallah tahun depan kami juga akan membuka Prodi Farmasi,” kata Rektor UIN Salatiga, Sabtu (17/2/2024).

Prof. Zakiyuddin juga menambahkan dengan dibukanya empat prodi pada bidang tersebut akan memenuhi kebutuhan masyarakat. “Selain itu, UIN Salatiga terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat, dengan menyediakan prodi baru di bidang saintek akan meningkatkan produktivitas pemanfaatan di masyarakat,” kata Prof. Zakiyuddin.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Salatiga, Nur Huri Mustafa, menyampaikan untuk memenuhi kuota itu, UIN Salatiga membuka lima jalur pendaftaran mahasiswa baru. Kelima jalur itu yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan PMB Jalur Mandiri.

“Untuk seleksi masuk program studi umum yakni Bisnis Digital, Sains Data, Teknologi Informasi, serta Perpustakaan dan Sains Informasi dapat dilakukan melalui jalur SNBP dan SNBT. Sedangkan seleksi program studi lainnya dapat diikuti melalui jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN,” ungkap Nur Huri.

Berikut jadwal di tiap jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Salatiga:

  • SNBP: 14 – 28 Februari 2024
  • SPAN-PTKIN: 12 Februari – 15 Maret 2024
  • UTBK-SNBT: 21 Maret – 05 April 2024
  • UM-PTKIN: 17 April 2024 pukul 08.00 WIB – 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Jalur Mandiri digelar setelah seluruh seleksi jalur nasional dilaksanakan, atau sekitar bulan Juni-Juli 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya