SOLOPOS.COM - Kecelakaan lalu lintas tunggal yang dialami bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada Kamis (11/4/2024) pagi. (Istimewa/Twitter)

Solopos.com, SEMARANG — Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan tunggal di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah hingga mengakibatkan Kamis (11/4/2024) tujuh orang meninggal dunia, berikut tanggapan manajemen.

Pejabat Public Relations PO Rosalia Indah, Yofie Aganovic, menyampaikan pihaknya menyesalkan terjadinya insiden kecelakaan tunggal tersebut.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Kami menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban yang meninggal maupun yang sedang dalam perawatan. Kami juga memberikan dukungan penuh kepada seluruh korban, di rumah duka dan di rumah sakit,” tulisnya dalam layanan perpesanan WhatsApp, kepada Solopos.com, Kamis malam.

PO Rosalia Indah bekerja sama erat dengan pihak terkait untuk menyelidiki penyebab kecelakaan, termasuk juga melakukan penyelidikan di internal.

“Saat ini fokus kami adalah pada penanganan korban dan keluarganya,” tutup Yofie.

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Batang mengatakan, manajemen sempat mengganti unit bus kendati demikian, sopir bus tak diganti sehingga mengalami kelelahan atau mengantuk dan menyebabkan terjadinya microsleep.

“Keterangan yang kami dapatkan, ada kendala kendaran menurut penumpang dan pihak PO Bus. Sopir dan penumpang di KM 227 pukul 01.30 WIB berhenti kemudian ganti bus. Hingga terjadi kecelakaan di 370 A,” terang AKBP Cahyo di RS Islam Weleri Kendal, Kamis.

Meski demikian, Polres Batang masih akan menyelidiki lebih lanjut terkait penyebab bus Rosalia itu bisa oleng atau hilang kendali. Sementara saat ini, pihaknya tengah fokus pada penanganan korban selamat.

“Sopir masih perawatan di IGD. belum bisa dimintai keterangan lagi. Dan statusnya [sopir] masih saksi. Karena masih dirawat,” jelasnya.

Senada, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan sopir bus Rosalia Indah AD 7019 OA, yakni Jalur Widodo, diduga mengalami microsleep saat melintas di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sebab, di tempat kejadian perkara (TKP), tak ditemukan jejak pengereman.

“Kemungkinan itu [microsleep]. Sehingga terjadi kecelakaan,” kata Irjen Pol Aan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya