SOLOPOS.COM - Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Erwan Rachmat memastikan sekolah ghaib SD Jomblang 4 sudah terhapus dari sistem PPDB 2024. Rabu (19/6/2024) (Solopos.com/Fitroh Nurikhsan)

Solopos.com, SEMARANG — Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Erwan Rachmat, merespons temuan sekolah “gaib” SD Negeri 4 Jomblang dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

Menurut Erwan, meski masih terdaftar di sistem PPDB, SDN 4 Jomblang sudah tidak bisa diakses oleh calon peserta didik baru. Bahkan, pihaknya pun memastikan nama SD tersebut sudah dihapus dari daftar PPDB Kota Semarang 2024.

Promosi Penawaran Dimulai, Ini Keunggulan dan Cara Beli SBN 2024 Lewat BRImo

“Walaupun [SDN 4 Jomblang] muncul di sistem itu tidak bisa digunakan [diakses]. Coba saja dibuka, pasti enggak bisa diakses untuk pendaftaran,” ucap Erwan saat ditemui Solopos.com selepas acara Ngopi Bareng di Susan Cafe & Resto Semarang, Rabu (19/6/2024).

Sekretaris Disdik Kota Semarang itu juga menyakini warga di sekitar SD “gaib” itu telah mengetahui jika SDN 4 Jomblang sudah tidak ada. Oleh karenanya, ia pun memastikan tidak ada calon siswa yang terjebak mendaftar di sekolah tersebut.

“[Masalah] itu bukan sebuah kubangan. Cek saja, [sekarang] sudah kami hapus,” tegasnya.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di halaman resmi ppd.semarangkota.go.id, SDN 4 Jomblang per hari ini Rabu (19/6/2024) pukul 18.55 WIb, sudah tidak lagi terdata di sistem PPDB 2024.

Sebelumnya, SDN 4 Jomblang yang terletak di Kecamatan Candisari, Kota Semarang, masih terdaftar di sistem PPDB 2024. Padahal sekolah tersebut sudah tidak karena telah merger atau digabung dengan SDN 3 Jomblang.

Solopos.com, kemudian mendatangi bekas SDN 04 Jomblang sekitar pukul 11.44 WIB. Dari papan nama hingga pintu pagar bekas gedung SDN 4 Jomblang sudah berganti menjadi SDN 3 Jomblang.

Seorang staf Tata Usaha (TU) SDN 3 Jomblang, Kuncoro, mengatakan sejak tahun kemarin pihak sekolah mengaku terkejut lantaran SDN 4 Jomblang masih terdaftar di sistem PPDB Kota Semarang.

“Tahun kemarin juga kami kaget dan beritanya sempat viral. Di SDN 4 Jomblang hanya menerima satu siswa pada waktu itu. Mungkin yang daftar tidak tahu [SDN 4 Jomblang] udah enggak ada. Untung enggak sampai daftar ulang,” kata Kuncoro saat ditemui Solopos.com, Selasa (18/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya