SOLOPOS.COM - Ilustrasi pensiun (Dok/JIBI)

Solopos.com, JEPARA — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara, Jawa Tengah (Jateng), mencatat setiap tahun ada sekitar 500 pegawai negeri sipil (PNS) yang pensiun.

Oleh sebab itu, penerimaan CPNS sebanyak 1.270 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023 ini diharapkan dapat mengisi peran mereka yang telah memasuki masa purnatugas.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Dari data yang diterima Solopos.com, mulai 1 Oktober 2023 terdapat 35 PNS yang yang mengikuti penyerahan simbolik surat keputusan (SK) pensiun. Dari puluhan PNS pensiun itu, delapan di antaranya adalah mantan pejabat struktural, 18 tenaga kependidikan, satu tenaga fungsional, dan delapan fungsional umum.

“Kalau bulan ini hanya 35 PNS. Tapi biasanya di atas 40 PNS memasuki pensiunan per bulan. Per tahun ada 500-an PNS kami yang pensiun,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara, Edy Sujatmiko kepada Solopos.com, Senin (2/10/2023).

Meski penerimaan aparatur sipil negara beberapa kali dibuka, Sekda mengaku jumlah pengganti yang pensiun tetap sulit dipenuhi. Apalagi seusai pemerintah memasuki masa moratorium penerimaan pegawai.

“Tapi alhamdulillah, tahun ini ada 1.270 formasi penerimaan PPPK,” katanya.

Sekda mengatakan penerimaan 1.270 formasi itu bakal dilakukan secara transparan atau kelulusan berdasar hasil ujian. Sehingga dengan sistem terbuka itu, siapapun yang berminat harus menjalani seleksi sebagaimana peserta umumnya, termasuk keluarga PNS yang pensiun.

Kepada para pensiunan PNS, Sekda meminta agar tetap mengabdi di masyarakat dengan berbagai peran. Sedangkan tabungan yang diterima, pihaknya berharap bisa dimanfaatkan untuk menguatkan keimanan atau berinvestasi yang tidak terlalu berisiko.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bakal membuka lowongan pekerjaan formasi PPPK pada tahun 2023. Total ada sekitar 1.270 formasi PPPK yang dibutuhkan Pemkab Jepara. Terdiri atas 881 formasi PPK guru, 300 tenaga kesehatan, dan 86 tenaga teknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya